Pramuka juga diharapkan menjadi wadah pembentukan karakter
Sorong (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Sorong, Yakob Karet bersama tim Pramuka membagikan masker gratis bagi masyarakat setempat usai upacara peringatan Hari Pramuka yang ke-60, di Sorong, Sabtu.

Sekda Yakob Karet mengatakan bahwa pembagian masker tersebut bentuk kepedulian Pramuka untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan bahwa tidak ada cara lain untuk pencegahan COVID-19 selain protokol kesehatan terutama memakai masker.

Dia berharap dengan pembagian masker ini masyarakat Kota Sorong disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker di tempat-tempat umum untuk melindungi diri dan keluarga.

Ia menyampaikan bahwa HUT Pramuka ini diharapkan gerakan Pramuka semakin meningkatkan peran dan sumbangsih bagi bangsa dan negara, terutama dalam membangun pemuda agar berkepribadian baik, berkarakter, serta memiliki jati diri dan mental yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan.

Baca juga: Ketua Mabicab Bone Bolango ajak Pramuka berjuang cegah COVID-19
Baca juga: Pramuka Aceh telah bagikan 73 ribu masker selama pandemi


Menurut dia, saat ini generasi muda di Kota Sorong banyak mengalami dekadensi moral yang berdampak negatif sehingga mengakibatkan perubahan hidup yang menjurus kepada prilaku yang tidak sehat.

"Makin tingginya konsumsi narkoba, serta ujaran-ujaran kebencian di media sosial maka tentu saja ini memprihatinkan," katanya.

Oleh karena itu,menurut Sekda, keberadaan gerakan Pramuka sebagai satu suatu hal yang penting bagi generasi muda karena melalui kegiatan Pramuka dikembangkan sifat patriotisme, nasionalisme, yang dapat menjadi benteng terhadap pengaruh asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

"Pramuka juga diharapkan menjadi wadah pembentukan karakter untuk membentuk sifat kedisiplinan, menumbuhkan rasa kebersamaan, serta mengembangkan mental moral spiritual para remaja, untuk menjadi generasi muda yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara," tambahnya.

Baca juga: Gerakan Pramuka giat mengampanyekan penerapan protokol kesehatan
Baca juga: Gerakan Pramuka menguatkan tekad mendidik kaum muda di Hari Pramuka
Baca juga: Presiden Jokowi berpesan Pramuka harus jadi pelopor disiplin prokes

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021