Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan memfasilitasi pelatihan bagi sejuta petani dan penyuluh secara virtual yang merupakan program Kementerian Pertanian demi penguatan peningkatan produktivitas pertanian.

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan, Minggu, mengatakan pelatihan sejuta petani dan penyuluh secara virtual itu merupakan program Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Pada gelombang 14 ini Polbangtan Medan sebagai salah satu UPT BPPSDMP mendapat kesempatan memfasilitasi pelatihan secara virtual.

Baca juga: Mentan: Mahasiswa Polbangtan berperan dalam kemajuan sektor pertanian

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya para pecinta pertanian di seluruh Indonesia yang telah bergabung pada pelatihan sejuta petani dan penyuluh gelombang 14 ini," katanya.

Melalui pelatihan ini, Kementan melakukan penguatan peningkatan produktivitas pertanian. Petani sebagai pelaku utama dalam pertanian diajak untuk memanfaatkan teknologi modern.

Ia mengatakan saat ini pandemi tidak lagi menjadi hambatan dalam meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan. Justru pandemi membuat manusia lebih cerdas dalam menggunakan teknologi, termasuk pelatihan sejuta petani dan penyuluh.

"Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, produktivitas harus ditingkatkan, salah satunya dengan pemupukan berimbang," katanya.

Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) BPPSDMP menyediakan 2 kanal Zoom Meeting dan Streaming melalui Youtube agar seluruh peserta dapat mengakses kegiatan pelatihan.

Tercatat sebanyak 2.000 akun terpantau mengikuti pelatihan melalui kanal zoom dan lebih dari 900 kali siaran langsung di kanal Youtube Puslatan dan BPPSDMP dilihat. Pelatihan gelombang 14 terlaksana dengan 2 sesi, yaitu Sesi Online dan Sesi Mandiri.

Baca juga: Bidik petani milenial, Polbangtan Medan kembangkan hidroponik modern

Baca juga: Polbangtan Medan siapkan mahasiswanya ke perbatasan Indonesia-Malaysia

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021