Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk mengoptimalkan bonus demografi untuk menyongsong Indonesia Emas.

"Saat ini adalah yang tepat bagi kita menyiapkan generasi muda bangsa untuk menyongsong Indonesia Emas," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Bamsoet menuturkan usia kemerdekaan Bangsa Indonesia yang memasuki 76 tahun merupakan momentum sejarah paling sakral dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Selama 76 tahun usia kemerdekaan, berbagai tantangan dan dinamika kebangsaan telah dihadapi, berkali-kali komitmen kebangsaan telah diuji, dan serangkaian periodisasi zaman telah dilalui.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Tetap jaga persatuan dan kesatuan di masa sulit

Masyarakat Indonesia kata dia patut bersyukur di usia 76 tahun kemerdekaan, Indonesia masih tegak berdiri sebagai negara berdaulat.

"Karena sebagai negara kepulauan dengan tingkat kemajemukan sangat tinggi, penduduknya terdiri dari 1.340 suku, berbicara dalam 733 bahasa, dan menganut 6 agama serta puluhan aliran kepercayaan, maka membangun dan menjaga komitmen untuk tetap bersama dalam satu ikatan kebangsaan, tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan," katanya.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan selama 76 tahun kemerdekaan Indonesia, banyak hal yang telah dicapai. Namun masih lebih banyak lagi yang dapat diperjuangkan.

Bangsa Indonesia bisa berkaca pada Korea Selatan, yang sejak awal berdiri pada Agustus 1948, merupakan negara miskin yang telah mengalami pahit-getir masa penjajahan Jepang selama 36 tahun.

Korea Selatan bahkan harus mengawali perjalanan sejarah kebangsaan yang memilukan, berjibaku selama 3 tahun dalam perang saudara dengan Korea Utara.

"Menewaskan sekitar 4 juta jiwa rakyat di semenanjung Korea. Namun setelah 73 tahun usia kemerdekaannya, Korea telah tumbuh melesat sebagai negara maju, dengan pendapatan per kapita mencapai 31.637 US dollar," kata Bamsoet.

Dia menerangkan salah satu kunci keberhasilan Korea Selatan ada pada pengembangan sumberdaya manusia dan pemanfaatan periode bonus demografi secara optimal.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Belum ada keputusan terkait amendemen UUD

Saat ini, Indonesia tengah menjejakkan kaki pada periode bonus demografi. Tepat pada usia satu abad kemerdekaan di 2045, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 319 juta jiwa.

Sekitar 70 persennya atau sebanyak 223 juta jiwa adalah kelompok usia produktif dalam jenjang usia 25 hingga 65 tahun.

"Jangan sampai puncak bonus demografi yang seharusnya dimanfaatkan bagi optimalisasi pembangunan nasional, malah menjadi kemubaziran. Korea Selatan adalah sebuah contoh sukses, namun sejarah juga membuktikan, tidak semua negara sukses memanfaatkan fase bonus demografi, misalnya Brasil dan Afrika Selatan," ucap Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) itu menambahkan, Afrika Selatan gagal memanfaatkan bonus demografi disebabkan kurangnya perhatian pada kualitas pendidikan dan rendahnya tingkat pertumbuhan lapangan pekerjaan.

Sedangkan Brasil gagal memanfaatkan bonus demografi karena keterpurukan ekonomi, tergerusnya sumber daya negara untuk jaring pengaman sosial dan pensiun, serta terabaikannya kualitas pendidikan, infrastruktur dan penyediaan lapangan pekerjaan.

Untuk menghindari kemubaziran bonus demografi seperti yang dialami Afrika Selatan dan Brasil tersebut, Bamsoet mengatakan Indonesia harus menyadari, bahwa nilai kemanfaatan bonus demografi hanya dapat dioptimalkan apabila terpenuhi dua prasyarat.

"Pertama, jumlah usia produktif yang berlimpah adalah sumberdaya yang berkualitas. Kedua, adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang mampu menyerap tenaga kerja yang berlimpah," kata Bamsoet.

Kepala Badan Penegakan Hukum dan Pertahanan KADIN Indonesia tersebut memaparkan data survei sosial ekonomi nasional 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan jumlah penduduk berusia produktif lebih dari 191 juta jiwa, sekitar 64,5 juta jiwa diantaranya berusia 16 hingga 30 tahun.

Baca juga: Wakil Ketua MPR tekankan urgensi persatuan dalam merawat kemerdekaan

Dari aspek latar belakang pendidikan, sebagian besar pemuda Indonesia, 74,18 persen lulusan sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama. Hanya 10,36 persen yang menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi.

Dari aspek potensi ekonomi dan ketenagakerjaan, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) pemuda Indonesia pada 2020 juga belum optimal, yaitu sebesar 61,31 persen.

"Pada 2020, BPS juga mencatat tingkat pengangguran terbuka pemuda Indonesia sebesar 15,23 persen. Artinya, dari setiap 100 angkatan kerja pemuda, terdapat sekitar 15 pemuda yang tidak, atau belum bekerja," kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI itu menekankan, melihat profil statistik pemuda Indonesia tersebut, harus diakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Peningkatan kompetensi pemuda sebagai sumber daya pembangunan adalah prioritas utama, mengingat seiring laju perkembangan zaman, tantangan ke depan akan semakin kompleks dan dinamis.

Baca juga: Wakil Ketua MPR apresiasi pidato Ketua DPD RI

Apalagi saat ini, kata dia di tengah upaya mengejar laju modernitas zaman pada era revolusi industri 4.0, dan menyongsong era society 5.0.

Hak itu menjadi kewajiban bersama untuk mempersiapkan kehadiran generasi emas, yang akan jadi tumpuan masa depan Indonesia.

"Generasi Emas yang kita ingin wujudkan bersama adalah generasi yang tidak saja kompeten, profesional, kreatif, inovatif, dan berdaya saing global. Namun terpenting adalah, memiliki wawasan kebangsaan, yaitu generasi yang berhati Indonesia, dan berjiwa Pancasila," ujarnya.

Baca juga: Pengamat: Sikap keterbukaan Presiden bangun demokrasi tangguh

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021