Saya mengapresiasi Kementerian BUMN bersama operator BUMN di sektor transportasi yaitu Garuda, Citilink, dan Angkasa Pura II, yang memberikan dukungan penuh guna membantu upaya percepatan penanganan COVID-19...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan sektor transportasi siap mendukung kelancaran distribusi bantuan kemanusiaan menggunakan moda transportasi seperti pesawat dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Saya mengapresiasi Kementerian BUMN bersama operator BUMN di sektor transportasi yaitu Garuda, Citilink, dan Angkasa Pura II, yang memberikan dukungan penuh guna membantu upaya percepatan penanganan COVID-19. Dengan kebersamaan, kita pasti bisa hadapi pandemi ini,” kata Budi Karya dalam keterangan pers, Selasa.

Menhub Budi Karya Sumadi menyaksikan kedatangan Pesawat Citilink di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, yang membawa bantuan 150 ventilator dan sejumlah alat kesehatan (alkes) dari Pemerintah Amerika Serikat, Selasa (17/8).

Budi mengatakan, bantuan tersebut diserahkan oleh Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim, kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Menhub Budi Karya Sumadi di Gudang Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dan perusahaan swasta di kota New York, dan bentuk dari persahabatan kedua negara.

Menhub mengapresiasi para pemangku kepentingan penerbangan yang telah kompak memberikan dukungan penuh dalam pendistribusian bantuan ventilator dan alat kesehatan dari Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat New York, Amerika Serikat tersebut.

Ia juga secara khusus mengapresiasi Yayasan BUMN yang memiliki kolaborasi yang baik dengan masyarakat di kota New York.

"Kemenhub juga berterima kasih kepada Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim yang telah membantu memfasilitasi bantuan kemanusiaan ini," katanya.

Dukungan alat kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah New York diantaranya adalah Ventilator Vyarie Bellavista sebanyak 150 pcs, beserta set aksesoris berupa circuit vent, exhalation valve dan flow censor.

Dukungan bantuan ini diangkut menggunakan pesawat Maskapai Citilink Airbus A330-900 Neo, Regitrasi PK-GYA dengan Flight No QG-5991 Pesawat yang mendarat tepat pada 17 Agustus 2021 pukul 12.28 WIB.

Baca juga: Vaksinasi sektor transportasi mencapai 205 Ribu orang

Baca juga: Menhub tegaskan inovasi transportasi listrik terus dilakukan

Baca juga: Menhub cek layanan kargo dan vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021