sejumlah pegunungan saat ini sudah mulai terlihat tandus
Banda Aceh (ANTARA) - Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Aceh Besar bersama Metalik, mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (USK), melakukan penanaman 1.000 pohon pucuk merah di Kawasan Agro Wisata Kuta Malaka, Aceh Besar.

Ketua KPA Wilayah Aceh Besar Mukhlis Basyah, Selasa, program penanaman pohon yang diinisiasi mahasiswa Metalik USK itu merupakan program yang sangat dibutuhkan masyarakat, baik di Aceh Besar maupun Aceh pada umumnya.

"Saya atas nama KPA wilayah Atjeh Rayeuk (Aceh Besar) sangat berterima kasih kepada para mahasiswa yang telah ikut mengajak kami bersama menanam 1.000 pohon ini," kata Mukhlis di Aceh Besar.

Dia mengatakan reboisasi dengan cara penanaman 1.000 pohon tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Baca juga: PLN tanam 1.000 pohon mangrove di Banda Aceh
Baca juga: TNI tanam 500 pohon di Aceh Selatan


Ia menjelaskan aksi reboisasi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, mengingat pegunungan di wilayah Kuta Malaka, Aceh Besar tersebut sudah sangat tandus, dengan potensi risiko yang besar.

"Tentu aksi ini sangat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, apalagi sejumlah pegunungan saat ini sudah mulai terlihat tandus, dan ini juga akan membawa dampak yang buruk bagi masyarakat jika kondisi pegunungan seperti ini terus dibiarkan,” katanya.

Apalagi, dia menambahkan, akhir-akhir kondisi suhu udara juga semakin meningkat, bahkan debit air akan terus berkurang apabila tidak segera dilakukan reboisasi. Sebab itu kegiatan penanaman pohon tersebut perlu didukung penuh semua pihak, terutama pemerintah.

“Ke depan kita dari KPA Atjeh Rayeuk berharap pemerintah terus mendukung kegiatan penanaman pohon, bukan hanya di sini, akan tetapi seluruh Aceh, mari sama-sama kita menjaga alam, karena kehidupan manusia sangat tergantung dengan alam," kata mantan Bupati Aceh Besar itu.

Baca juga: Aceh tingkatkan kegiatan "silvofishery" di kawasan hutan mangrove
Baca juga: LSM sebut 75 persen hutan bakau di Aceh Tamiang rusak parah
Baca juga: KKP rehabilitasi 20 hektare lahan mangrove di Aceh Jaya

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021