Jakarta (ANTARA) - Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa berpesan kepada prajurit yang terlibat latihan bersama program Garuda Shield agar menjadikan kesempatan tersebut sebagai ajang menjalin persahabatan dan hubungan baik antara prajurit TNI AD dengan tentara Amerika Serikat.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dalam siaran TNI AD diterima di Jakarta Rabu, mengatakan banyak hal yang akan didapat oleh prajurit dalam kegiatan Garuda Shield tersebut.

“Jadikan prajurit TNI AD seperti saudara kalian, karena saya ingin mereka mengenal kalian lebih dekat dengan berinteraksi, sehingga berteman dengan baik, dan membangun hubungan, karena itulah hal terpenting yang saya ingin mereka dapatkan dari latihan ini," kata Kasad.

Commanding General United States Army Pasific (USARPAC) General Charles A Flynn, datang ke Mako Pusat Latihan Tempur Kodiklat Angkatan Darat, Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dalam rangka pembukaan Garuda Shield ke-15 tahun 2021.

Baca juga: Kasad meninjau latihan bersama Garuda Shield Ke-15 di Amborawang
Baca juga: Kasad: latihan bersama agar prajurit saling mengenal dan bersahabat.
Baca juga: KRI RE Martadinata latihan bersama KRI Bimasuci di Laut Arafuru


Kedatangannya disambut oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa beserta jajaran TNI AD. Garuda Shield merupakan program latihan bersama prajurit TNI AD dengan prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat yang berlangsung di Baturaja, Amborawang, dan Makalisung, hingga pertengahan bulan Agustus.

Jenderal TNI Andika Perkasa dan General Charles A Flynn sempat memberikan sambutan dan membuka pelatihan Garuda Shield ke-15 secara resmi. Keduanya juga menyematkan tanda kepada perwakilan prajurit yang terlibat dalam latihan Garuda Shield.​​​​​​​

Charles A Flynn mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam perencanaan yang luar biasa hingga terlaksananya Garuda Shield.

"Saya tidak mengharapkan apapun selain profesionalisme dari tim yang ada disini. Dan saya ingin menyampaikan terima kasih kepada kepemimpinan tuan rumah, Jenderal TNI Andika Perkasa. Terima kasih banyak,” kata General Charles A Flynn.

la berpesan kepada tentara Amerika Serikat dan berterima kasih atas perjuangan dan semua hal yang dilakukan untuk mendukung program Garuda Shield.

la juga mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI AD karena telah mendapatkan pengalaman berharga selama berada Indonesia. “Dan untuk prajurit TNI AD yang berada disini, kalian sangat hebat," ucapnya.

Menurut dia latihan yang dijalani sangat berat dan sulit dan prajurit TNI AD sangat profesional serta kuat dalam menjalaninya.

"Kami sangat berterima kasih karena juga mendapat banyak pelajaran berharga dari para prajurit TNI AD. Jenderal, terima kasih atas sambutan yang hangat ini,” ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021