Jakarta (ANTARA News) - Produsen PC Notebook asal Jepang, Toshiba, kembali bermitra dengan peritel Carrefour untuk mendorong penetrasi PC dan laptop di pasar Indonesia.

"Tingkat kepemilikan komputer di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara lain di Asia Pasifik," kata Senior Manager- Distributor Business, South & Southeast Asia Computer System Division for Toshiba Singapore, Glenn Batchelor, dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin.

Data Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) menunjukkan penetrasi komputer (PC dan laptop) di Indonesia baru 4 persen dari populasi penduduk atau sekitar 9,2 juta unit. Angka itu dinilainya jauh dari rata-rata kepemilikan komputer di negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan penetrasi komputer di Indonesia khususnya untuk dunia pendidikan, pihaknya sebagai produsen PC Notebook bekerjasama dengan Microsoft dan peritel Carrefour mengupayakan sebuah program penjualan Netbook Toshiba berseri NB-250 dengan harga yang terjangkau dan potongan diskon khusus bagi pelajar.

"Toshiba seri NB-250 ini dibandrol hanya seharga Rp. 3.299.000 dan tambahan diskon Rp100.000 jika menunjukkan kartu pelajar saat pembelian," kata Glenn.

Ia menambahkan, netbook Toshiba itu hanya bisa didapatkan di 60 gerai Carrefour di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pihaknya telah menggelar program serupa yang berlangsung mulai 1 hingga 19 Oktober 2010 dan berjalan sukses.

"Rencananya program ini akan dilanjutkan di bulan November ini sebagai gelombang kedua," katanya.

Menurut Glenn Batchelor, partisipasi Toshiba dalam program ini merupakan bentuk kepedulian Toshiba dalam mendukung pendidikan di Indonesia sebagai bentuk corporate social responsibility bagi masyarakat.

Meskipun harga lebih terjangkau, Glenn memastikan pihaknya tidak mengesampingkan kualitas yang prima, desain yang bagus serta kemajuan teknologi dalam netbook terbarunya itu.

Netbook mungil berwarna hitam premium itu sudah terpasang Windows 7, OS teranyar dari Microsoft, processor Intel Atom N455 yang didukung dengan RAM 1GB dan HDD 160 GB.

Untuk kenyamanan, netbook berbaterai 3 cell itu menggunakan layar monitor 10`1 inch Wide Screen dengan webcam VGA yang nyaman untuk membaca e-book, video streaming, maupun browsing dengan menggunakan WIFI yang semuanya telah built in di dalamnya. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan 1 bulan internet gratis dari Speedy plus modem, 3 bulan langganan Flexynet dan konten edukasi dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Kompas.
(H016/B012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010