Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengumpulkan donasi senilai Rp1,2 miliar untuk penanganan COVID-19 dan bantuan kemanusiaan bagi Palestina.

Bantuan untuk penanganan dampak COVID-19 diserahkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin secara simbolis kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muba, Ikatan Wartawan Online (IWO) Muba, Komunitas Jurnalis Muba (KJM), pedagang di Bundaran Sekayu, pekerja seni, serta seorang penyandang disabilitas Rp 10 juta atas nama Muhammad Dina Lubis di Sekayu, Rabu.

Bantuan sebesar Rp1,2 mliar tersebut merupakan hasil donasi dari ASN dan pegawai honorer di lingkungan pemerintah kabupaten.

“Untuk masyarakat Muba yang terdampak COVID-19 sebesar Rp500 juta, dan sisanya Rp750 juta untuk Palestina,” kata dia.

Baca juga: Pegawai Kemenko PMK galang donasi untuk masyarakat terdampak COVID-19

Donasi untuk Palestina itu nantinya akan digunakan untuk sarana dan prasarana rumah sakit dan mobil ambulans.

Dodi berharap bantuan yang diserahkan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat Palestina dan masyarakat Muba di masa pandemi COVID-19.

Pemkab Muba tidak akan tinggal diam dengan kondisi saat ini, kami akan terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk menekan dampak ekonomi pada masyarakat, kata dia.

Kabag Kesra Setda Muba Opi Palopi merincikan bantuan masyarakat Muba terkumpul sebesar Rp1,2 miliar yang disalurkan untuk masyarakat Muba terdampak COVID-19 itu berupa bantuan beras kepada pedagang kecil, pekerja seni, jurnalis yang tergabung pada organisasi PWI, IWO, KJM, Mitra Desa serta wartawan yang bertugas di Kabupaten Musi Banyuasin dan bantuan uang tunai untuk disabilitas sebesar 10 juta rupiah

"Nanti juga akan diserahkan bantuan tahap kedua kepada guru-guru ngaji, marbot masjid, juga pedagang pasar. Serta tahap ketiga untuk tukang ojek, tukang becak dan pegawai rumah makan serta masyarakat Muba lainnya yang terdampak COVID-19,” kata dia.

Sementara itu, Bendahara Komite Nasional untuk rakyat Palestina (KNRP) Sumatera Selatan Siswoyo menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kepada pemkab dan masyarakat kabupaten Muba.

Ia menjelaskan, sejak kunjungan Wali Kota Gaza beberapa waktu lalu, Muba berkomitmen untuk membantu pembangunan sarana prasarana, sanitasi dan penerangan.

“Ini diwujudkan dengan melakukan konser amal di Muba sehingga terkumpul dana sebesar dan Rp1 miliar dan ini (Rp750 juta) menjadi bantuan lanjutan,” kata dia.

Baca juga: 25 RS terima donasi alat kesehatan hingga tabung oksigen
Baca juga: KNRP Aceh sumbang Rp1,7 miliar untuk bantu Palestina
Baca juga: PPI UKM donasi pohon dan air untuk Palestina

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021