Seskoal - PMI Tangerang gelar donor plasma bantu pasien COVID-19

Seskoal - PMI Tangerang gelar donor plasma bantu pasien COVID-19

Kegiatan Donor darah dan donor plasma yang digelar Seskoal bersama dengan PMI. (ANTARA/HO)

Tangerang (ANTARA) - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melakukan kerja sama dengan PMI Kota Tangerang Banten menggelar kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen dalam membantu kesembuhan pasien yang masih dalam perawatan.

Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati selaku Komandan Seskoal dalam keterangannya Jumat mengatakan kegiatan donor darah ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dan menyambut International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021 serta ulang tahun CBS Jalasenastri.

"Ini adalah bagian mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi dan kesembuhan masyarakat yang kini masih dalam perawatan di rumah sakit," katanya.

Baca juga: Pertamina lakukan donor plasma konvalesen dukung penanganan COVID-19

Ia mengatakan untuk kegiatan donor darah ditargetkan diikuti oleh 100 hingga 150 orang. Sedangkan untuk pendonor plasma konvalesen diharapkan ada 100 orang yang berpartisipasi.

Adapun peserta pendonor adalah personel Seskoal dan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 dan Pejabat Utama (PJU) Patun Dosen Seskoal, prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) Seskoal.

Tunggul menuturkan kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bagian sosial yang bertujuan untuk membantu antarsesama yang sedang membutuhkan transfusi darah.

"Terlebih di tengah pandemi COVID-19 ini, Seskoal bersama-sama memberikan kontribusi darah kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini tentunya selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman," ujarnya.

Kegiatan donor darah dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 18 hingga 20 Agustus 2021 di Seskoal Cipulir dengan menerapkan protokol kesehatan kepada setiap peserta yang hadir.

Baca juga: Tangcity - PMI gelar gerakan donor plasma target 240 kantong

Oman Jumansyah selaku ketua PMI Kota Tangerang menyampaikan apresiasi kepada Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) yang sudah membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah saat ini.

"Saya berharap semoga kerja sama kegiatan donor darah ini bisa terus berkelanjutan supaya masyarakat terus peduli terhadap organisasi kemanusiaan," katanya.

Oman juga mengatakan melihat kondisi stok darah di PMI sangat menipis, maka PMI terus mendorong instansi-instansi seperti TNI/Polri untuk terus mengadakan kegiatan donor darah.

"Berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu PMI dalam memenuhi stok darah di PMI," ujarnya.

Baca juga: Ratusan prajurit TNI AL di Surabaya donorkan plasma konvalesen
Baca juga: Personel Polresta Malang Kota ikuti program donor plasma konvalesen
Pewarta : Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021