Presiden sampaikan tiga pesan kepada Forkopimda Jawa Timur

Presiden sampaikan tiga pesan kepada Forkopimda Jawa Timur

Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal untuk pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tiga pesan terkait dengan penanganan COVID-19 kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur ketika melakukan kunjung kerja di Madiun, Jatim, Kamis (19/8).

"Saya sekali lagi hanya titip tiga hal untuk urusan COVID-19 ini," ujar Presiden dalam acara tersebut, sebagaimana disaksikan melalui video yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Jumat.

Pertama, Kepala Negara meminta agar seluruh pimpinan daerah memindahkan pasien yang melakukan isolasi mandiri ke tempat isolasi terpusat.

Presiden mencermati salah satu penyebab tingginya angka kematian di provinsi itu karena pasien isolasi mandiri tidak segera dipindahkan ke isolasi terpusat. Akibatnya, ketika kondisi pasien sudah dalam tahap gawat, pasien sudah terlambat dibawa ke rumah sakit.

Kedua, Presiden meminta program vaksinasi dipercepat. Menurut Jokowi, program vaksinasi adalah kunci dalam penanganan COVID-19.

Ketiga, Presiden meminta seluruh pimpinan daerah memastikan ketersediaan obat. Diingatkan pula bahwa obat harus segera diberikan ketika pasien sudah masuk ke isolasi terpusat.

"Tiga ini kalau dikerjakan, insyaallah, akan makin turun kasus-kasus yang ada di Provinsi Jawa Timur," kata Presiden.

Lebih jauh Presiden menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI dan Polri di daerah yang telah bekerja bersama-sama menangani COVID-19.

Presiden meminta pimpinan daerah betul-betul menggerakkan sumber daya TNI/Polri dengan baik, yakni dalam upaya penelusuran kasus maupun vaksinasi.

Baca juga: Presiden terkesan melihat ribuan ton porang siap ekspor di Madiun

Baca juga: Presiden tinjau program vaksinasi dari pintu ke pintu di Madiun
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021