Uhamka-MMSU Filipina selenggarakan program transfer kredit

Uhamka-MMSU Filipina selenggarakan program transfer kredit

Tangkapan layar Wakil Rektor I Uhamka Jakarta Prof Dr Abdul Rahman A Gani, dalam orientasi program transfer kredit secara daring yang dipantau di Jakarta, Selasa (24/8/2021). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (Uhamka) Jakarta menggandeng kampus di Filipina yakni Mariano Marcos State University (MMSU) dalam menyelenggarakan program transfer kredit internasional.

“Uhamka memiliki kolaborasi dengan sejumlah universitas di Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Finlandia, Australia, Filipina, dan lainnya,” Wakil Rektor I Uhamka Prof Dr Abdul Rahman A Gani, dalam orientasi program transfer kredit secara daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan Kemendikbudristek mendorong kampus-kampus di Tanah Air untuk berkolaborasi dengan kampus-kampus lainnya di luar negeri, untuk mewujudkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Uhamka mendukung inisiatif yang dilakukan program studi dalam melakukan transfer kredit dengan kampus-kampus luar negeri.

“Tujuan dari program ini untuk mendorong mahasiswa meningkatkan kemampuan teknis dan nonteknis, serta memperluas jaringan mereka di dalam kancah global,” katanya.

Abdul Rahman A Gani mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Uhamka dan MMSU dalam menyelenggarakan program transfer kredit. Ke depan, kerja sama dapat diperluas lagi seperti pertukaran staf akademis, riset kolaborasi dan lainnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan MMSU Dr Marivic M Alimbuyugen, mengatakan pandemi COVID-19 tidak menghalangi kemitraan yang dilakukan oleh MMSU.

“Meskipun pandemi COVID-19, kita tidak pernah berhenti untuk berkolaborasi dengan mitra kami. Pandemi COVID-19 justru memperkuat kolaborasi yang kita lakukan,” katanya.

Ia berharap kolaborasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa terkait jurnalisme di kedua negara. Untuk tahap awal, kolaborasi dilakukan untuk program studi Ilmu Komunikasi.

Sebanyak 33 mahasiswa dari Uhamka dan 37 mahasiswa MMSU mengikuti program transfer kredit tersebut, demikian Marivic M Alimbuyugen.

Baca juga: Uhamka gelar konferensi Islam moderat internasional

Baca juga: Uhamka masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik versi Webometrics

Baca juga: Uhamka luncurkan program sekolah perempuan

Baca juga: Uhamka kerja sama pendidikan dengan tiga universitas di Uzbekistan

 

Pewarta : Indriani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021