Polresta Banjarmasin lakukan test antigen di pintu masuk kota

Polresta Banjarmasin lakukan test antigen di pintu masuk kota

Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Irwan Kurniadi bersama Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meninjau pelaksanaan Test Swab Antigen kepada para pengendara yang ingin masuk ke Kota Banjarmasin melalui Pos PPKM Km 6.  ANTARA/HO-Humaspolrestabjm.

Banjarmasin (ANTARA) - Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersama tim gabungan dari Kodim 1007, Satpol PP dan Dishub melakukan test swab antigen di setiap pintu masuk kota kepada para pengendara dalam rangka pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

"Di setiap pintu masuk ke kota ini dijaga oleh tim gabungan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan test swab antigen kepada para pengendara," ucap Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Irwan Kurniadi di Banjarmasin, Rabu.

Dikatakannya, kegiatan test swab antigen ini dilakukan serentak di semua pintu masuk Kota Banjarmasin dilaksanakan pada Selasa malam, sekitar pukul 20.00 Wita sampai pukul 23.00 Wita.

Baca juga: Pintu masuk Bandara Hasanuddin Makassar diperketat

"Awalnya kami lakukan penyekatan dan bagi pengendara yang melanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker dan pengambilan acak juga dilakukan untuk pemeriksaan test swab antigen," ujar perwira menengah Polri itu.

Kompol Irwan terus mengatakan, untuk tempat pelaksanaan pengambil antigen terhadap pengendara dan hasil dari kegiatan itu sudah dilakukan sesuai pendataan.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pengetatan pintu masuk ke Jabar hingga tingkat RT/RW

Untuk Pos PPKM Km 6 ada 50 orang yang diantigen dengan hasil tes negatif, di Jalan Yos Sudarso kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, di Jalan Jafri Zam-Zam Kelurahan Kuin Cerucuk, serta di Jalan Kuin Selatan Kelurahan Kuin Selatan total 29 orang dan semua hasil antigennya negatif.
Salah satu pengendara yang ingin masuk ke Kota Banjarmasin melalui Pos PPKM Km 6 dilakukan pemeriksaan test swab antigen. (ANTARA/HO-Humaspolrestabjm)
Kemudian, Pos Bundaran Kayu Tangi ada 49 orang yang hasil antigennya negatif dan satu orang hasil positif. Keterangannya orang tanpa gejala atau OTG dan diarahkan ke Puskesmas sesuai domisili tempat tinggal/KTP. Total keseluruhan ada 50 orang.

Baca juga: Satpol PP DIY memperketat penjagaan pintu masuk destinasi wisata

Selanjutnya, ucap Irwan, Pos Pemeriksaan Di Jalan Gubernur Soebarjo Lingkar Selatan ada 39 orang hasil negatif dan satu orang hasil antigen positif beralamat di Banjarbaru, Landasan Ulin. Total keseluruhan 40 orang yang dilakukan pemeriksaan.

"Jadi hasil kegiatan pemeriksaan test swab antigen kepada pengendara yang masuk ke Kota Banjarmasin ada 169 sasaran, 167 orang negatif dan dua orang positif," kata orang nomor tiga di Polresta Banjarmasin itu.

Guna diketahui untuk petugas pelaksana pemeriksaan test swab antigen selain dari Dinas Kesehatan Kora Banjarmasn juga melibat Puskesmas setempat.

Kegiatan diikuti oleh Wali Kota Banjarmasin, Kabag Ops Polresta Banjarmasin, Kadinkes Kota Banjarmasin, Para Kapolsek, Perwira dan Brigadir Polresta Banjarmasin, personel Pol PP Dan Dishub Kota Banjarmasin serta personel dari Denpom VI Banjarmasin.

Selama kegiatan berlangsung, tutur Kabag Ops, tetap menerapkan protokol kesehatan dan pelaksanaan berjalan tertib, aman dan lancar.
Pewarta : Gunawan Wibisono
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021