KBRI Singapura menganugerahkan Adinata Award kepada Temasek

KBRI Singapura menganugerahkan Adinata Award kepada Temasek

Dubes Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menyerahkan Adinata Award kepada Executive Director & Chief Executive Officer Temasek International Dilhan Pillay. ANTARA/HO-KBRI Singapura.

Batam (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menganugerahkan Adinata Award perdana kepada Temasek sebagai bentuk penghargaan kemitraan yang kuat dengan Indonesia dan upayanya memperkuat hubungan bilateral dua negara bertetangga.

"Temasek telah membuktikan bahwa Singapura adalah salah satu dari sedikit teman setia yang menawarkan tangannya di saat-saat yang tidak pasti untuk tetap bersatu dan bekerja sama, bersama-sama menghadapi tantangan," kata Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo dalam keterangannya, Kamis.

Adinata Award merupakan penghargaan atas keunggulan yang diberikan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo mengatakan Adinata Award diberikan kepada Temasek, setelah melihat rekam jejak Temasek dan investasi jangka panjang dan berkelanjutan mereka di Indonesia.

Temasek dinilai aktif berinvestasi melalui anak perusahaan-anak perusahaannya. Temasek juga aktif memberikan bantuan ke Indonesia dalam bentuk pelatihan, beasiswa pendidikan dan juga donasi selama pandemi COVID-19.
 
Tangkapan layar tayangan di media sosial, Dubes Indonesia untuk Singapura Suryopratomo saat menyerahkan Adinata Award 2021 kepada Temasek, Kamis (26/8/2021). ANTARA/HO-KBRI Singapura

Executive Director & Chief Executive Officer Temasek International Dilhan Pillay menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan kepada Temasek.

"Penghargaan ini menegaskan kembali kemitraan kami yang erat dengan Indonesia. Kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia, baik melalui investasi, tetapi yang lebih penting sebagai teman," kata Dilhan.
Baca juga: KRI Teluk Bintuni antar 185 ton perlengkapan medis dari Singapura
Baca juga: Temasek Foundation kembali bantu penanganan COVID-19 di Indonesia

Dilhan melihat ekonomi digital Indonesia sangat menjanjikan untuk investasi, karena Indonesia memiliki dasar yang kuat, seperti populasi besar dengan pendapatan yang terus meningkat, dan ekosistem digital yang berkembang pesat.

Dilhan menambahkan, hubungan Temasek dengan Indonesia melampaui kemitraan dalam berbisnis. Pada Juli lalu, Temasek Foundation dan sekelompok donatur dari Indonesia dan Singapura memberikan lebih dari 12.000 oksigenator untuk Indonesia.

"Sekarang dan dalam beberapa bulan mendatang, lebih banyak alat diagnostik, perangkat oksigen, dan alat pelindung diri dikirim ke Indonesia," kata dia.

Menteri luar negeri kedua negara menyambut baik pemberian Adinata Award yang pertama kepada Temasek Holdings.

Melalui investasi dan kemitraan perusahaan-perusahaannya di Indonesia, Temasek telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan dan pemulihan ekonomi Indonesia.

Kedua menlu juga menyepakati peran penting Temasek dalam penguatan kerja sama kedua negara yang saling menguntungkan, termasuk dalam mengatasi tantangan bersama di tengah pandemi COVID-19.

Menlu RI Retno Marsudi mengapresiasi dukungan pemerintah dan masyarakat Singapura untuk upaya pemulihan pandemi di Indonesia.

Menlu Retno mengatakan Temasek merupakan bagian penting dalam upaya mengembangkan hubungan antarmasyarakat dan kalangan bisnis kedua negara.

"Saya berharap komitmen jangka panjang Temasek dalam mendekatkan masyarakat kita akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak," kata Menteri Retno.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan menyampaikan, saat ini Temasek merupakan kontributor aktif terhadap perekonomian dan hubungan antarmasyarakat antara Indonesia dan Singapura.

Ia mengingat kembali semangat gotong royong dan saling bantu antara Indonesia dan Singapura, dalam menyikapi pandemi dan memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak.

Menteri Vivian Balakrishnan mengapresiasi semua mitra pemangku kepentingan yang terlibat dalam upaya tersebut, baik di Indonesia maupun Singapura.

Presiden dan Group CEO Sembcorp Industries (anak perusahaan Temasek) Wong Kim Yin mengatakan Sembcorp Industries telah menjadi mitra investasi Indonesia sejak tahun 1990.

Proyek Sembcorp di Indonesia, antara lain pengembangan tiga kawasan industri di Indonesia yang mendatangkan investasi asing senilai 3,5 miliar dolar AS dan menciptakan lapangan kerja bagi hampir 100.000 orang serta penyediaan kebutuhan air minum bersih di Batam selama 25 tahun terakhir.

"Kami juga berfokus pada penyediaan energi hijau bagi masyarakat. Sembcorp memiliki 2.700 megawatt aset pembangkit listrik terbarukan yang terpasang, dan akan bertambah hingga 10.000 megawatt pada tahun 2025, dengan investasi lebih dari 5 miliar dolar Singapura," kata dia.

Tahun ini merupakan yang pertama kali KBRI Singapura mengadakan penganugerahan Adinata Award. Penghargaan ini akan diberikan setiap tahun kepada individu atau institusi di Singapura yang berjasa dalam meningkatkan pemahaman dan hubungan yang lebih baik antara Indonesia dan Singapura.
Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021