Kepulauan Seribu benahi fasilitas penunjang wisata Pulau Untung Jawa

Kepulauan Seribu benahi fasilitas penunjang wisata Pulau Untung Jawa

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meninjau persiapan Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan mengikuti verifikasi lomba Anugerah Desa Wisata 2021 pada Jumat (27/8/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu membenahi fasilitas penunjang wisata di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, sebagai persiapan verifikasi untuk lomba Anugerah Desa Wisata 2021 pada September mendatang oleh tim penilai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

"Kami meninjau persiapannya sebelum diverifikasi tim penilai pada September dan ternyata masih banyak yang harus dibenahi," ujar Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di sela peninjauan Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Jumat.

Ia mengatakan lokasi yang bakal diverifikasi oleh tim penilai Kemenparekraf RI antara lain: lokasi wisata pulau permukiman seperti Taman Arsa, Pantai Sakura, Kampung Jepang dan pesisir pantai, lalu di pulau wisata sejarah seperti di Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor, serta di pulau resort seperti Pulau Bidadari.

Tiga destinasi wisata tersebut masuk wilayah Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Menurut Junaedi, sejumlah sarana dan prasarana yang harus dibenahi dari hasil peninjauannya kali ini meliputi: penambahan penghijauan, penambahan sarana cuci tangan, ketersediaan pengukur suhu tubuh (thermogun), pembenahan lokasi kuliner terkait sanitasi, kebersihan lingkungan dan pengecatan jalan, serta pemenuhan sarana komunikasi dan informasi digital.

Selain itu, Junaedi ingin seluruh potensi wisata Kepulauan Seribu yang bisa menambah penilaian baik harus dibenahi dan dipersiapkan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, sehingga bisa masuk juga dalam nominasi Anugerah Desa Wisata tersebut.

Bupati Junaedi juga turut mengajak seluruh OPD terkait untuk mendukung pembenahan sarana dan prasarana fasilitas di lokasi wisata di Kepulauan Seribu.

Bupati Junaedi tidak merinci berapa anggaran yang diperlukan untuk melakukan pembenahan tersebut.

Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu imbau wisatawan patuhi protokol kesehatan "3M"
Baca juga: Pulau Untung Jawa destinasi wisata favorit di Kepulauan Seribu
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021