Panglima puji penanganan COVID-19 di Kabupaten Merauke

Panglima puji penanganan COVID-19 di Kabupaten Merauke

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberi sambutan saat bertemu dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Merauke di Merauke, Papua, Jumat (27/8/2021). ANTARA/HO-Puspen TNI

Jakarta (ANTARA) - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memuji kinerja pemerintah Kabupaten Merauke, Papua, dalam menanggulangi pandemi COVID-19 di daerahnya karena tingkat kasus terkonfirmasi relatif masih terkendali.

“Saat ini positivity rate (tingkat kasus positif) berada di angka 5,50 dan pelacakan kontak erat masih perlu ditingkatkan. Indikator yang baik, yaitu BOR (tingkat keterisian rumah sakit) yang rendah dan angka kematian 0 (nihil) di Merauke. Ini berarti perawatan di rumah sakit berlangsung dengan baik,” kata Panglima TNI di Merauke, Papua, Jumat, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Panglima saat menemui Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Merauke juga menerima laporan jumlah kasus positif di daerah itu mulai turun, sementara pasien COVID-19 yang dirawat di RS 34 persen dari keseluruhan kasus positif.

Walaupun demikian, Panglima TNI mengingatkan pemerintah Kabupaten Merauke untuk terus meningkatkan kapasitas pelacakan sehingga pandemi tetap terkendali di daerah itu.

Baca juga: Panglima TNI puji kesiapan KM Tidar tampung pasien isoter di Jayapura
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau vaksinasi merdeka di Jayapura
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau isoter KM Tidar di Jayapura


Pelacakan yang aktif dan masif dapat membantu menekan laju penyebaran penyakit dan mencegah risiko kematian, karena pasien tanpa gejala dan gejala ringan atau mereka yang punya penyakit bawaan (komorbid) dapat cepat dirawat.

Ia juga meminta pemerintah setempat terus meningkatkan laju vaksinasi.

“Lebih baik lagi jika masyarakatnya juga sehat dan divaksin agar dapat menikmati pertandingan dan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan dan akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” sebut Panglima.

Merauke merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Oleh karena itu, Panglima berharap pandemi di Merauke tetap terkendali sehingga dapat mendukung PON XX Papua yang akan berlangsung pada Oktober 2021.

Terkait itu, Panglima menyampaikan pihaknya siap membantu pemerintah daerah untuk menjalankan program penanggulangan pandemi, termasuk di antaranya vaksinasi.

“TNI-Polri siap menggencarkan vaksinasi dan membantu Pemda di sentra-sentra vaksinasi maupun dengan menjemput bola ke kampung-kampung dengan menggerakkan vaksinator TNI Polri,” tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengunjungi Merauke untuk memeriksa penanggulangan pandemi, vaksinasi, sekaligus meninjau kesiapan PON XX.

Dalam kunjungan itu, rombongan bertemu dengan Forkopimda Kabupaten Merauke di Kantor Bupati Merauke, Jumat.

“Saya ingin memberikan apresiasi yang sangat besar atas potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Merauke dan semangat Bapak Bupati untuk bisa memajukan Kabupaten Merauke, termasuk dalam penanganan COVID-19,” kata Panglima TNI.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021