Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di Desa Resetlemen, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

"Kegiatan dalam rangkaian 'Serbuan Vaksinasi' di Kecamatan Likupang Timur itu dipantau Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh di Manado, Minggu.

Baca juga: Lantamal Pontianak "jemput bola" vaksinasi nelayan

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat Pulau Soop Sorong


Ia mengatakan dalam memantau kegiatan vaksinasi tersebut, Wadan Lantamal Apriyani menyampaikan bahwa dalam serbuan vaksinasi kali ini TNI AL menggandeng PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) sebagai perusahaan tambang daerah setempat yang telah banyak berkontribusi untuk wilayah tersebut.

Selain itu, Wadan juga menegaskan bahwa serbuan vaksinasi tersebut dilaksanakan semata-mata untuk memutus rantai penularan COVID-19, sekaligus melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi di Tanah Air.

Wadan Lantamal VIII mengimbau kepada masyarakat yang hadir agar tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun telah menerima vaksin.

Ia mengingatkan kepada segenap tenaga kesehatan agar menjaga imun, sehingga tetap sehat dalam melaksanakan tugas.

Serbuan vaksinasi tersebut menyasar anak-anak/remaja usia 12 tahun ke atas, orang tua/lansia serta para karyawan dan keluarga PT MSM.

Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII bersama Puskesmas Likupang menargetkan 350 dosis vaksin dengan 3 dokter, vaksinator dan puluhan tenaga medis.

Baca juga: Jalasenastri TNI AL gelar "Serbuan Vaksin"

Prajurit Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung juga ikut dalam pengamanan dan ketertiban Serbuan Vaksinasi tersebut.

Wadan Lantamal didampingi sejumlah pejabat utama Lantamal VIII, antara lain Aspotmar Danlantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII, Kadispotmar, Kadisfaslanal dan Kadisbek Lantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII serta Wadanyonmarhanlan VIII Bitung.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021