Anggota Marinir donor plasma konvalesen bantu penanggulangan COVID-19

Anggota Marinir donor plasma konvalesen bantu penanggulangan COVID-19

Anggota Korps Marinir TNI Angkatan Laut mendonorkan plasma konvalesennya pada kegiatan donor darah dan plasma konvalesen di Markas Komando Korps Marinir TNI AL, Jakarta, Senin (30/8/2021). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL

Jakarta (ANTARA) - Ratusan anggota Korps Marinir TNI Angkatan Laut mengikuti kegiatan donor darah dan plasma konvalesen demi membantu upaya pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19, kata Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Graha Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) di Jakarta, Senin.

Setidaknya ada 200 orang pendonor dan 18 penyintas COVID-19 yang mengikuti kegiatan donor darah itu.

Para peserta yang mengikuti donor darah telah melakukan pemeriksaan (screening) dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kata Suhartono sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen itu, yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Donor Darah DKI Jakarta, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Korps Marinir (Kadiskes Kormar) Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo.

Para penyintas COVID-19 yang mendonorkan plasma konvalesennya merupakan prajurit dan PNS Korps Marinir.

Plasma konvalesen merupakan salah satu bagian dari plasma darah yang saat ini banyak digunakan sebagai pengobatan tambahan pasien COVID-19, terutama mereka yang bergejala berat.

Plasma konvalesen digunakan sebagai pengobatan karena cairan itu mengandung antibodi dari penyintas COVID-19.

Menurut Manajer Kualitas UDD PMI dokter Saptuti Chunaeni, sebagaimana dikutip dari laman resmi PMI, plasma konvalesen punya dua peran penting.

Pertama, Antibodi Imunoglobulin G (IgG) pada plasma konvalesen diyakini dapat melawan Virus SARS-CoV-2 dengan menurunkan jumlah virus dalam tubuh pasien.

Kedua, kandungan protein lainnya dalam plasma konvalesen diyakini berguna menjaga sel tetap utuh sehingga organ hati, ginjal, paru, jantung tidak rusak. Kondisi itu dapat memelihara kesehatan pasien sehingga tidak jadi kritis, serta mencegah tidak terjadi gejala COVID-19 berkepanjangan (long COVID-19).

Terkait itu, TNI AL telah beberapa kali menggelar kegiatan donor plasma konvalesen demi membantu memenuhi kebutuhan pasien COVID-19.

Setidaknya pada bulan ini, ratusan anggota TNI AL di Surabaya, Makassar, Malang, dan Banjarmasin mendonorkan plasma konvalesennya ke PMI untuk membantu mengobati pasien COVID-19.

Baca juga: PMI Bali: Permintaan plasma konvalesen di Bali masih tinggi
Baca juga: Seskoal - PMI Tangerang gelar donor plasma bantu pasien COVID-19
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021