mobilitas pergerakan penduduk di tempat transit yaitu di terminal, bandara, dan sebagainya itu penurunan sampai minus 45,3 persen pada Juli, di Agustus kembali membaik dengan penurunan minus 38,3 persen
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengungkapkan mobilitas penduduk mulai meningkat di bulan Agustus 2021 setelah sebelumnya di bulan Juli sempat anjlok lantaran penerapan kebijakan PPKM darurat untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Terlihat bahwa mobilitas penduduk di tempat perdagangan ritel dan rekreasi bulan Juli lalu saat PPKM Darurat Jawa-Bali mengalami penurunan cukup tajam yaitu sebesar 20 persen, namun kemudian pada Agustus di mana positivity rate mulai menurun, BOR sudah mulai menurun, mobilitas penduduk di tempat perdagangan ritel dan rekreasi, penurunan menjadi 13,20 persen," kata Margo Yuwono dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data yang diolah oleh BPS dari Laporan Mobilitas Penduduk Google, mobilitas penduduk di tempat belanja kebutuhan sehari-hari juga sudah mulai meningkat pada Agustus menjadi 15,3 persen dibandingkan pada Juli 12,8 persen.

Demikian juga pergerakan penduduk di taman-taman yang sebelumnya sempat turun menjadi minus 20 persen pada Juli kembali membaik, penurunannya menjadi minus 15,0 persen pada Agustus 2021.

"Di tempat transit, sangat dipengaruhi oleh PPKM Darurat di Juli lalu. Memengaruhi mobilitas pergerakan penduduk di tempat transit yaitu di terminal, bandara, dan sebagainya itu penurunan sampai minus 45,3 persen pada Juli, di Agustus kembali membaik dengan penurunan minus 38,3 persen," kata Margo Yuwono.

Penurunan mobilitas di tempat kerja pada Juli cukup tajam yaitu minus 26,9 persen, di Agustus kembali membaik menjadi minus 24,1 persen.

Peningkatan mobilitas penduduk di berbagai tempat pada Agustus menyebabkan kegiatan masyarakat di rumah yang tadinya di rumah saja pada bulan Juli 13 persen, namun di bulan Agustus mobilitas masyarakat di rumah mengalami penurunan menjadi 10 persen.

Baca juga: Reisa: Mobilitas penduduk DKI Jakarta turun 30 persen saat PPKM
Baca juga: BPS: Mobilitas penduduk turun pada Juli 2021 akibat PPKM
Baca juga: Patuhi PPKM Darurat, mobilitas masyarakat pengguna Kereta Api menurun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021