Australia beri bonus yang sama bagi atlet Paralimpiade dan Olimpiade

Australia beri bonus yang sama bagi atlet Paralimpiade dan Olimpiade

Atlet Australia peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 para-balap sepeda nomor Individual Pursuit Putri C1-3 3000m Paige Greco di Izu Velodrome, Shizuoka, Jepang, 25 Agustus 2021. (REUTERS/THOMAS PETER)

Jakarta (ANTARA) - Australia akan memberikan bonus kepada para atlet peraih medali Paralimpiade dengan jumlah yang sama seperti yang diterima oleh rekan-rekan atlet lainnya yang berlaga di Olimpiade Tokyo.

Sejumlah atlet Australia yang tampil di Paralimpiade mengajukan protes karena tidak menerima bonus setelah menyumbangkan medali bagi kontingen negaranya.

Kondisi tersebut berbanding terbalik ketika para atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo justru menerima 20 dolar Australia (setara Rp210 juta) dari komite Olimpiade negaranya.

Baca juga: Emas pertama Paralimpiade Tokyo disabet Australia

Namun Perdana Menteri Scott Morrison dan Menteri Olahraga Richard Colberck dalam sebuah pernyataan bersama, seperti dikutip Reuters, Kamis, memastikan bahwa pemerintah tidak akan pandang bulu terhadap atlet peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade.

“Pemerintah kami akan memastikan atlet Australia di Paralimpiade menerima insentif finansial atas perolehan medali, sama seperti yang diberikan kepada peraih medali Olimpiade Tokyo,” tulis pernyataan tersebut.

“Kami memastikan Komite Paralimpiade Australia dapat mengakui atlet juara Paralimpiade dengan memberikan bonus seperti yang dilakukan Komite Olimpiade Australia kepada atlet peraih medali di Tokyo.”

Kontingen Australia hingga 2 September telah mengumpulkan 16 medali emas, 23 perak, dan 24 perunggu, menempatkan mereka berada di urutan kedelapan klasemen perolehan medali Paralimpiade Tokyo.

Sementara pada Olimpiade Tokyo, tim Negeri Kanguru itu mengoleksi 17 emas dan finis di peringkat keenam klasemen.

Kesetaraan dan inklusivitas menjadi tema utama Paralimpiade, tetapi banyak negara tidak memberikan penghargaan yang sama kepada para peraih medali seperti yang diberikan kepada atlet yang menang di Olimpiade.

Baca juga: Kemenpora pastikan bonus untuk peraih medali Paralimpiade Tokyo
Baca juga: Australia evakuasi lebih 50 atlet wanita Afghanistan dan tanggungannya
Baca juga: Australia tawarkan visa untuk atlet Paralimpiade Afghanistan

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021