Banda Aceh (ANTARA) - Rektor USK, Prof Samsul Rizal menyatakan milad perguruan tinggi tersebut harus menjadi momentum bagi kampus itu untuk tumbuh menjadi perguruan tinggi bukan hanya terbaik di Indonesia, tapi juga masuk jajaran universitas unggul di dunia.

"USK berkomitmen untuk terus meningkatkan pendidikan dengan melahirkan lulusan terbaik,” katanya di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan salah satu upaya yang terus dilakukan, yakni memperbanyak penelitian dan inovasi, memperbaharui pendidikan sesuai kebutuhan zaman, dan tentu saja terus mengabdi bagi masyarakat dan negeri.

"Kami berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Aceh agar kampus ini semakin berkembang dan maju,” kata Rektor.

Baca juga: Mahasiswi USK Aceh lumpuh karena terpaksa vaksin untuk syarat urus KRS

Baca juga: Kadinkes: Mahasiswi di Aceh lumpuh usai vaksin diduga psikosomatis


Ia menambahkan pada tahun ini, sebagian besar kegiatan milad dilakukan secara virtual.

Wakil Rektor I USK Prof Marwan mengatakan Universitas Syiah Kuala (USK) mengawali rangkaian Milad ke 60 tahun dengan menggelar kegiatan donor darah.

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerja sama UKM KSR-PMI USK dan PMI Kota Banda Aceh yang dilaksanakan di Gedung Gelanggang Mahasiswa Prof. A Madjid Ibrahim.

“USK sengaja menggelar donor darah ini tepat pada hari jadinya kampus ini yaitu 2 September. Ini sekaligus untuk mengawali serangkaian kegiatan peringatan Milad USK pada tahun ini,” katanya.

Prof. Marwan mengatakan pada tahun 2020 lalu USK tidak dapat melaksanakan kegiatan apapun untuk memperingati milad. Namun, kali ini, USK berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan milad, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Donor darah ini adalah salah satu kegiatan awal dari sejumlah kegiatan yang telah kita rencanakan,” katanya.

Menurut Prof. Marwan, 60 tahun merupakan perjalanan yang panjang bagi USK, di mana dalam rentang usia itu, USK telah bertransformasi menjadi kampus yang lebih baik.

Tiga tahun lalu, USK telah bertransformasi dari PTN Satuan Kerja (satker) menjadi PTN Badan Layanan Umum (PTBN-BLU) dan saat ini USK sedang dalam perjalanan menuju PTN Badan Hukum (PTN-BH).

“Mari kita terus berusaha agar kampus ini bisa terus berkembang sehingga dapat memperluas kontribusinya kepada masyarakat. Dengan keikhlasan, kejujuran, dan kebersamaan, kita pasti bisa membangun USK menjadi lebih baik,” kata Prof. Marwan.*

Baca juga: BMKG dan FMIPA USK deklarasikan fenomena Angin Geureutee

Baca juga: Sebanyak 3.625 peserta SBMPTN lulus masuk USK

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021