Saya berharap masyarakat dapat maksimal memanfaatkannya. Di Isoter Terapung KM Sirimau ini penanganannya sudah baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis keberadaan isolasi terpusat (isoter) terapung di Pelabuhan Sorong dan antusiasme terhadap vaksinasi bisa menjadikan Papua Barat zona hijau atau bebas dari COVID-19.

“Jika antusiasme ini terus dijaga, saya optimis Provinsi Papua Barat secara keseluruhan dapat membaik dan konsisten menjadi kelompok wilayah zona hijau atau zonasi risiko rendah Covid-19,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menko Airlangga menyampaikan isolasi terpusat (isoter) terapung yang diinisiasi oleh pemerintah dan telah beroperasi sejak 21 Agustus 2021, merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah menangani COVID-19 di sektor hilir.


Baca juga: Menteri Airlangga dan Menteri Agus Gumiwang tinjau isoter kota Sorong
 

Isoter terapung sebanyak 5 kapal yang disiapkan pemerintah bagi pasien COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan tersebut, dialokasikan di Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Sorong.

“Saya berharap masyarakat dapat maksimal memanfaatkannya. Di Isoter Terapung KM Sirimau ini penanganannya sudah baik dan Saya berharap semua kota bisa mengikuti best practice yang ada di Kota Sorong,” ujar Airlangga.

Airlangga menyampaikan Pelabuhan Sorong akan dikembangkan lebih lanjut dan menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Sejak semakin membaiknya kondisi penanganan COVID-19 di Kota Sorong, tercatat 5 orang pasien COVID-19 yang masih dirawat di KM Sirimau pada awal September ini.

KM Sirimau ditangani oleh 2 dokter serta 8 perawat dan dilengkapi 160 tempat tidur untuk pasien COVID-19. Selain juga dua speedboat yang digunakan untuk mobilisasi tenaga kesehatan dan pasien serta pengangkutan logistik serta mendapat dukungan penuh dari TNI dan Polri.


Baca juga: Menteri BUMN sebut fasilitas isoter bukti kehadiran pemerintah


Pada kesempatan tersebut, Airlangga yang meninjau langsung KM Sirimau, menyapa para pasien yang sedang melakukan isolasi dan memastikan bahwa pelayanan yang didapatkan oleh pasien tersebut maksimal dan sesuai standar. Selain itu, ia juga memberikan bantuan berupa sembako dan masker kepada para tenaga kesehatan, tenaga keamanan dan tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Sorong.

Tak hanya itu, Airlangga juga meninjau sentra vaksinasi yang ditargetkan bagi 1.000 orang warga Kota Sorong. Hingga saat ini, sebanyak 203 ribu warga di Papua Barat telah divaksin dosis pertama atau mencapai 25,67 persen. Pencapaian vaksinasi tertinggi dipegang oleh Kabupaten Manokwari yakni 45,86 persen.

Baca juga: Menhub berharap isoter COVID -19 di Belawan sukses seperti di Makasar

Baca juga: Kapolri ajak warga Papua jalani isolasi di fasilitas isoter


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021