Jakarta (ANTARA) - WhatsApp baru saja mengumumkan histori percakapan atau chat history yang ada di iPhone bisa dipindahkan ke ponsel Android.

Laman 9to5Mac, dikutip Minggu, menuliskan fitur ini sudah tersedia pada versi beta, kini diperluas ke pengguna lainnya.

Untuk saat ini, memindahkan chat WhatsApp dari iPhone baru tersedia ke ponsel Samsung. Migrasi ini hanya bisa dilakukan ketika ponsel benar-benar baru. Jika tidak, pengguna harus menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik (factory reset) dan semua data akan terhapus.

Aplikasi WhatsApp di iPhone yang dipakai minimal versi 2.21.160.17 sementara yang di ponsel Samsung menggunakan versi 2.21.16.20.

Perpindahan ini juga membutuhkan kabel Lightning to USB-C. Setelah itu, pengguna harus menggunakan nomor ponsel yang sama pada perangkat Samsung yang dituju.

Sebelum mulai memindahkan, pastikan ponsel baru sudah terpasang aplikasi Samsung SmartSwitch, minimal versi 3.7.22.1.

Sambungkan iPhone ke ponsel Android dengan kabel Lightning to USB, buka aplikasi Samsung SmartSwitch dan ikuti langkah-langkah yang diminta.

Ketika muncul kode QR, pindai kode tersebut menggunakan iPhone. Ketuk mulai atau "start" di iPhone. Pada ponsel Samsung, ikuti petunjuk, kemudian buka aplikasi WhatsApp.

Pengguna harus masuk ke WhatsApp di ponsel Samsung menggunakan nomor yang sama dengan yang digunakan di ponsel sebelumnya, lalu ketuk impor.

Baca juga: WhatsApp didenda 225 juta euro karena langgar aturan privasi data

Baca juga: WhatsApp izinkan transfer riwayat obrolan iOS - Android

Baca juga: Autentikasi dua langkah cara tepat lindungi keamanan data sosial media

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021