Festival Jajanan Lokal libatkan 3.190 UMKM pecahkan rekor MURI

Festival Jajanan Lokal libatkan 3.190 UMKM pecahkan rekor MURI

Rekor MURI untuk Festival Kuliner Daring yang dihelat Blibli mendukung UMKM Indonesia menjadi go digital. (ANTARA/HO/Blibli)

Jakarta (ANTARA) - Festival kuliner lokal yang diikuti para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang digelar Blibli secara daring untuk perayaan Kemerdekaan ke-76 RI berhasil menyabet rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Festival Kuliner Daring dengan peserta UMKM terbanyak.

Ada sebanyak 3.190 UMKM yang terlibat dan 57 ribu variasi produk kuliner termasuk jajanan tradisional yang hadir dalam festival kuliner lokal daring di platform e-commerce Blibli.

“Kami mengapresiasi langkah Blibli untuk terus mempromosikan dan memberikan kesempatan bagi banyak pelaku UMKM kuliner untuk memperluas jangkauan pasar. Untuk itu, pencapaian Blibli lewat Festival Kuliner #PejuangLokal, MURI pun mencatat bahwa kegiatan ini layak menerima rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM terbanyak,” kata Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo dalam siaran persnya, ditulis Minggu.

Baca juga: Berwisata kuliner di Festival Jajanan Bango 2018

Festival Jajanan Lokal itu dibuat untuk menstimulasi semakin banyak pelaku UMKM untuk go digital selain itu memudahkan akses pelanggan menemukan beragam kuliner Nusantara sekaligus menumbuhkan kebanggaan terhadap produk Indonesia.

Ini juga sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang menjadi gerakan nasional mendukung usaha dari para pelaku bisnis Indonesia sejak tahun lalu itu.

Blibli pun mengapresiasi dan mempersembahkan penghargaan itu untuk para pelaku UMKM yang terlibat dalam ajang Festival Kuliner Daring yang bertajuk #PejuangLokal itu.

“Penghargaan MURI ini kami persembahkan bagi seluruh pelaku dan pegiat UMKM yang telah menjadi #PejuangLokal. Mereka adalah pejuang ekonomi nasional di era industri 4.0 yang telah gigih mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap produktif meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan di saat pandemi,” kata Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas A. Pramaditya.

Baca juga: Festival Jajanan Bango kembali digelar

Dalam program Festival Jajanan Lokal ini, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie seorang pemengaruh kuliner Indonesia. Dalam kolaborasi itu dihadirkan 130 menu jajanan lokal yang sudah terkurasi dan bisa dipilih menjadi favorit oleh pelanggan.

Pada festival kuliner daring ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.

Ragam kuliner ini berhasil mendorong minat masyarakat sebagai #PejuangLokal untuk menikmati sekaligus mendukung transaksi produk kuliner lokal di Blibli. Ditegaskan oleh data yang tercatat bahwa lewat Festival Jajanan Lokal ini ada 3000 pelaku UMKM yang tergaet dan merupakan festival daring dengan jumlah peserta terbanyak dari festival kuliner sebelumnya.

Lebih lanjut, kegiatan yang dihelat pada 11-20 Agustus lalu itu menambah deretan festival kuliner daring yang pernah diselenggarakan Blibli sebelumnya, seperti Festival Mie Online, Festival Nasi Online, Festival Kuliner Imlek, dan berbagai festival lainnya.

“Harapannya, pencapaian rekor MURI bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Blibli untuk menjadi mitra strategis dengan stakeholder terkait UMKM Indonesia goes digital agar usahanya berkembang di platform kami menggunakan ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” tutup Andreas.

Baca juga: Sleman gelar Festival Kuliner "Jajal Jajanan Sleman"

Baca juga: Berburu jajanan di Go-Food Festival
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021