Mexico City (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Penguasa organisasi kriminal pengedar narkoba terbesar "La Familia" di Meksiko, Nazario Moreno Gonzalez, tewas pada Kamis malam dalam operasi yang dipimpin oleh polisi federal dan tentara di negara bagian barat, Michoacan, ujar pejabat keamanan, Jumat.

Juru bicara Kabinet Keamanan Nasional, Alejandro Poire mengatakan bahwa Moreno yang terkenal sebagai "El Chayo" atau "Sang Dokter" tewas dalam sebuah serangan gabungan polisi dan tentara.

Serangan itu menewaskan sepuluh korban yang terdiri dari lima petugas polisi federal, tiga warga sipil, dan dua anggota organisasi kriminal itu, ujar dia.

Poire mengatakan bahwa Kabinet Keamanan Nasional akan meningkatkan jumlah polisi dan pasukan militer di kawasan Tierra Caliente, Michoacan.

Dalam sebuah pesan kepada para pewarta di Los Pinos -rumah bagi Presiden Meksiko- Poire mengatakan operasi memberantas "La Familia" akan berlanjut.

"Kami tidak akan menghentikan upaya dalam menjamin dan melindungi keamanan masyarakat" selama penyergapan melawan organisasi kriminal itu, ujar Poire.

Pemimpin lain "La Familia" terdiri Jose de Jesus Mendes atau "El Chango", Dionisio Loya atau "El Tito" dan Servando Gomez yang dikenal sebagai "La Tuta". Pihak yang berwenang akan melanjutkan penangkapan mereka dan menawarkan hadiah sejumlah 167.000 dolar AS bagi keterangan keberadaan mereka.

Menurut media setempat, pada 2010 setidaknya 7.500 warga di negara itu tewas, yang menurut pemerintah penyebab kematian paling besar adalah akibat tindakan pembalasan antar kelompok kriminal yang terorganisir. (BPY/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010