PSP Bervaksin sasar 620 warga DKI Jakarta per hari

PSP Bervaksin sasar 620 warga DKI Jakarta per hari

Salah satu warga menerima vaksin melalui program Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin bentukan Garda Pemuda (GP) NasDem di Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021). (ANTARA/Taufik Ridwan)

Jakarta (ANTARA) - Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin bentukan Garda Pemuda (GP) NasDem setiap hari menyediakan dua gerai vaksinasi untuk melayani 620 warga DKI Jakarta mendapatkan vaksin COVID-19 mulai 6-26 September 2021.

Ketua Bidang Kesehatan DPP NasDem Okky Asokawati mengatakan, layanan vaksinasi tersebut didirikan secara khusus untuk melayani vaksin Pfizer dan Sinovac guna membantu pemerintah mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity).

"Jadi PSP Bervaksin ini adalah rangkaian gelaran vaksinasi dari Satgas COVID Partai NasDem yang sudah dilakukan sejak Juli lalu," kata Okky Asokawati di Jakarta Selatan, Senin.

NasDem berkomitmen tidak hanya melayani vaksinasi dosis pertama, tapi juga vaksinasi kedua.

Okky menuturkan penyediaan layanan vaksinasi ini didasari atas komitmen membantu pemerintah menyelesaikan program vaksinasi lengkap yang saat ini tidak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri.

Baca juga: GP NasDem gulirkan "Pemuda Siaga Pandemi"
Tenaga medis memberikan vaksin COVID-19 kepada salah satu warga di Jakarta Barat, Jumat (6/8/2021). (ANTARA/HO-NasDem DKI Jakarta)
Menurut dia, saat ini masyarakat lebih banyak memerlukan vaksin dosis kedua yang tidak semua sentra vaksin menyediakannya.

"Banyak sentra vaksin di luar tapi hanya menyediakan dosis satu kali, yang keduanya masyarakat bingung. Makanya kami juga bersinergi dan membantu agar 'herd immunity' ataupun kekebalan komunal segera tercapai," kata dia.

Mantan peragawati ini mengatakan, PSP 
Bervaksin ini tidak hanya melayani warga DKI saja, namun warga non DKI juga dapat mendapat vaksin dengan membawa surat keterangan domisili dari RT setempat.

Kalau Pfizer hanya untuk DKI, tapi boleh juga untuk warga non DKI dengan membawa surat
domisili dari RT/RW yang tetap mendaftar lewat JAKI. "Kami berterima kasih dan bersyukur diberi kepercayaan untuk bisa melakukan vaksinasi dengan Pfizer ini," kata dia.

Okky mengimbau masyarakat untuk ikut vaksinasi karena untuk mencapai "herd immunity" dan vaksinasi juga telah menjadi syarat berkunjung ke mana-mana.

Baca juga: NasDem lanjutkan Program Vaksinasi COVID-19
Armada ambulans dan mobil jenazah sebanyak 20 unit bantuan dari Partai NasDem yang dipinjamkan kepada pemerintah daerah di DKI Jakarta untuk membantu penanganan COVID-19 di Jakarta Utara, Kamis (8/7/2021). (ANTARA/HO-DPP Partai NasDem)
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengapresiasi sentra vaksinasi yang dilakukan GP NasDem DKI karena turut membantu pemerintah mempercepatan vaksinasi.

Menurut dia, Partai NasDem memiliki ciri khas dalam menyediakan vaksin karena langsung melayani di pemukiman masyarakat.

"Hari ini antusiasme warga cukup tinggi, bahkan sudah antre sejak pukul 6 pagi. Partai Nasdem betul-betul turun ke pemukiman masyarakat yang berbeda dengan sentra vaksin yang lain," kata Isnawa.

Hingga pukul 10.30 WIB, jumlah warga yang terdaftar sudah sebanyak 250. Dari jumlah itu, 120 di antaranya merupakan penerima vaksin Pfizer, 130 lainnya vaksin dosis kedua Sinovac.

Adapun kuota vaksinasi setiap harinya, yakni 120 vaksin jenis Pfizer, sementara untuk Zinovac 500 dosis. Namun demikian, dosis vaksin ini dapat ditingkatkan apabila warga antusias mengikuti layanan tersebut.

Karena itu, layanan vaksin ini diharapkan dimanfaatkan dengan baik oleh warga agar segera mencapai kekebalan komunal.
Baca juga: NasDem kerahkan 20 ambulans untuk bantu penanganan COVID-19 di DKI
Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021