Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Senin mengatakan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara China melawan Vietnam pada Oktober mendatang akan dipindahkan ke Sharjah, Uni Emirat Arab karena pandemi COVID-19.

China tidak dapat menjadi tuan rumah pertandingan karena aturan pembatasan karantina ketat yang diberlakukan pihak berwenang, sebagai upaya mengakhiri pandemi COVID-19.

China berada di Grup B babak final kualifikasi Piala Dunia bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Vietnam dan Oman.

China akan bermain melawan Jepang di tempat netral Doha pada Selasa sebelum pertandingan ketiga mereka pada 7 Oktober melawan Vietnam.

"Serupa dengan laga September ini, keputusan mengenai lokasi yang netral itu telah dikonfirmasi sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang dihadapi Asosiasi Sepak Bola China dalam menyelenggarakan pertandingan kandang," ujar AFC dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Senin.

Baca juga: China wajibkan klub sepak bola tanpa "embel-embel" nama sponsor 

AFC menambahkan pertandingan kandang antara Suriah melawan Lebanon di Grup A pada 12 Oktober juga akan diadakan di tempat netral Stadion Raja Abdullah II di Amman, Yordania.

Suriah dan Lebanon berada dalam satu grup bersama Iran, UEA, Korea Selatan dan Irak.

Hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang lolos ke Piala Dunia Qatar 2022, sementara tim peringkat ketiga harus mengikuti serangkaian playoff untuk mengisi tempat kelima negara-negara Asia. 

Baca juga: Eks gelandang Chelsea Oscar mengaku ingin bela timnas China 
 

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021