Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PMN) dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkolaborasi guna mendorong pembiayaan mikro perumahan.

Direktur Utama PNM (Persero) Arief Mulyadi mengatakan program ini adalah awal mula dari satu usaha dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, terutama nasabah PNM Mekaar.

“Didukung oleh SMF, ini adalah bentuk wujud hadirnya pemerintah terhadap masalah pemenuhan kebutuhan papan masyarakat,” ujar Arief dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

SMF memberikan fasilitas pembiayaan hingga Rp2 triliun untuk Program Pembiayaan Mikro Perumahan (HOME) kepada PNM. HOME ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin mendapatkan akses pembiayaan perumahan dan tempat usaha, termasuk nasabah PNM Mekaar.

Baca juga: PT SMF salurkan Rp72,8 triliun ke pasar pembiayaan primer perumahan

Direktur Utama SMF (Persero) Ananta Wiyogo mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan upaya dalam mengakselerasi peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan, baik dari sisi pasokan maupun permintaan.

“Kerja sama tersebut merupakan kolaborasi lanjutan antara SMF dan PNM untuk mendukung akselerasi pelaksanaan Program Pembiayaan Mikro Perumahan HOME yang telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu,” kata Ananta.

Hingga 31 Agustus 2021 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp87,39 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 10,8 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 2.985 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut lompatan cepat, nasabah Mekaar tembus 10,8 juta



 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021