mendorong percepatan kekebalan kelompok
Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan antusiasme warga mengikuti program Vaksinasi Merdeka cukup tinggi terbukti di beberapa lokasi vaksinasi yang dikunjungi selalu dipenuhi warga.

"Hari ini pelaksanaan vaksinasi di pondok pesantren, kemarin di gereja, dan semuanya berjalan dengan sukses. Antusiasme warga cukup tinggi," kata Gubernur saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di Pondok Pesantren Al Istiqamah Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, program vaksinasi ini akan terus dilakukan bersama TNI/Polri, pemerintah kabupaten Kota dengan tujuan kita meminimalisasi laju penularan COVID-19.

"Saya harap, vaksinasi berjalan sesuai harapan dan mendorong percepatan kekebalan kelompok di Banua," katanya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, pendekatan kolaborasi semua pihak adalah kunci untuk mengatasi sebuah masalah termasuk pandemi COVID-19.

"Hari ini kita diserang COVID-19, mari kita sama sama menghadapinya dengan gotong royong," katanya.

Baca juga: Banua beristighosah mohon pertolongan Allah lepas dari COVID-19
Baca juga: Pemprov Kalsel distribusikan paket sayur dan buah untuk warga isoman


Gubernur Kalsel menilai, semangat masyarakat Banua untuk menerima vaksin tergolong tinggi.
"Saya mendapatkan laporan, sudah 700 an orang yang menerima vaksin hari ini, dari target kita 1000, insyallah target ini dapat tercapai," katanya.

Gubernur mengingatkan, meski sudah divaksin masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengimbau kepada masyarakat agar segera melakukan vaksinasi karena berpengaruh pada kekebalan tubuh. Selain itu vaksinasi juga menjadi syarat mobilisasi saat ini.

"Saya pesan kepada masyarakat vaksin segera, jangan tidak vaksin, jangan termakan hoax," katanya.

Menurut dia, dengan sudah divaksin tubuh semakin kuat, apalagi vaksinasi juga menjadi syarat setiap orang untuk dapat berpergian.

"Saya harap, 80 persen masyarakat Kalsel dapat tervaksinasi," katanya

Pimpinan Ponpes Al Istiqomah H Salman Alfarisi mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi di lingkungan pondok pesantren.

Baca juga: Adaro sebar 65 konsentrator oksigen di Tabalong dan Balangan Kalsel
Baca juga: Kalsel idealnya vaksinasi 22 ribu warga per hari
Baca juga: Airlangga apresiasi terobosan Pemda Kalsel bantu isoman COVID-19

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021