Brasilia (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Selasa (7/9), mengecam Mahkamah Agung negara itu dan meragukan integritas pemilihan tahun depan. 

Sementara itu, pada Selasa para pendukungnya berunjuk rasa di kota-kota besar ketika ketegangan meningkat di negara demokrasi terbesar di Amerika Latin itu.

Bolsonaro sedang menghadapi penurunan angka jajak pendapat, lonjakan inflasi, dan kritik atas penanganannya terhadap wabah virus corona. Jumlah kematian akibat COVID-19 di Brazil merupakan yang tertinggi kedua di dunia. 

Ia telah berminggu-minggu mendesak para pendukungnya untuk memprotes pihak yang dianggap musuhnya di Kongres dan pengadilan.

Lebih dari 100.000 pendukung hadir di Sao Paulo, menurut pejabat keamanan negara-- jauh dari perkiraan jumlah pemilih Bolsonaro, tapi mungkin cukup untuk memberikan nyali kepada presiden itu dalam kebuntuannya dengan peradilan dan Kongres.

"Kami tidak dapat menerima sistem pemungutan suara yang tidak menawarkan keamanan apa pun dalam pemilihan," kata Bolsonaro di Sao Paulo. 

Ia mengulangi permintaan untuk kertas tanda terima pemungutan suara yang diblokir oleh Kongres dan pengadilan pemilihan federal. "Saya tidak bisa berpartisipasi dalam lelucon seperti yang disponsori oleh ketua pengadilan pemilihan."

Baca juga: Takut dicurangi, Bolsonaro minta pemilu 2022 pakai kertas

Kritikus Bolsonaro mengatakan dia menabur keraguan sehingga dia dapat menantang hasil pemilihan presiden 2022, yang menurut jajak pendapat sekarang menunjukkan dia kalah secara dramatis dari mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva. Tidak ada yang mengonfirmasi pencalonannya.

Bolsonaro juga meningkatkan kritik terhadap Mahkamah Agung karena mengizinkan penyelidikan terhadap dia dan sekutunya, berdasarkan tuduhan bahwa mereka telah menyerang institusi demokrasi Brazil dengan mempromosikan informasi yang menyesatkan di media sosial.

 Bolsonaro mencemooh penyelidikan sebagai pelanggaran kebebasan politik.

Presiden Brazil itu sering membuat perbandingan dengan mantan Presiden AS Donald Trump, yang katanya dia kagumi.

Jason Miller, mantan penasihat Trump dan pengusaha jaringan sosial konservatif, terjebak dalam drama di Brasilia pada Selasa (7/9) ketika dia ditahan dan diinterogasi selama tiga jam oleh polisi Brazil sebagai bagian dari penyelidikan.

Seorang pengacara Miller, yang telah menghadiri KTT Konferensi Aksi Politik Konservatif yang diselenggarakan oleh salah satu putra Bolsonaro, mengatakan Miller memilih untuk tetap diam.

Adegan di demonstrasi besar di Sao Paulo, Rio de Janeiro dan Brasilia sebagian besar meriah. Para pendukung pemerintah mengenakan bendera kuning dan hijau melambai dan bersorak.

Namun, rasa frustrasi yang terpendam jelas terlihat dalam spanduk-spanduk yang menyerukan intervensi militer dan pemecatan Mahkamah Agung.

"Militer perlu menyingkirkan mereka yang tidak membiarkan presiden kita memerintah--di Mahkamah Agung, di Senat, semuanya," kata pensiunan berusia 70 tahun Maria Aparecida, di Avenida Paulista Sao Paulo. "Mahkamah Agung tidak melindungi konstitusi, jadi militer kita harus."

Baca juga: Presiden Brazil Bolsonaro sebut hakim agung "anak pelacur"

Kritik presiden terhadap sistem pemungutan suara elektronik Brazil jelas terkait dengan pendukung fanatik, banyak dari mereka yakin bahwa Bolsonaro akan terpilih kembali. 

"Jika dia kalah, kami tahu ada penipuan," kata Monica Martins, seorang pengacara berusia 51 tahun pada rapat umum di Rio.

Bolsonaro menyambut baik kesempatan itu. Ia mengenakan selempang kepresidenan di sebuah acara militer yang menandai Hari Kemerdekaan di Brasilia sebelum melakukan tur kampanye awal di sana dengan helikopter.

Dia terbang tengah hari ke Sao Paulo untuk menyampaikan pidatonya yang menentang sistem pemungutan suara elektronik kepada para pendukungnya.

"Saya akan mengatakan kepada mereka yang ingin membuat saya tidak dapat dipilih di Brasilia: Hanya Tuhan yang akan mengeluarkan saya!" dia berteriak. "Dan beri tahu para bajingan itu bahwa aku tidak akan pernah dipenjara!"

Sekretariat Keamanan Publik Sao Paulo memperkirakan bahwa demonstrasi pro Bolsonaro di Paulista Avenue telah menarik sekitar 125.000 orang, yang sebagian besar bubar dengan cepat setelah Bolsonaro memberikan pernyataan.

Banyak pemimpin aliran kiri telah mendesak pengikut mereka untuk menghindari bentrokan dengan tidak mengadakan demonstrasi tandingan pada Selasa untuk mendukung protes anti Bolsonaro yang lebih besar pada 12 September.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bolsonaro pecat pejabat saat seruan pemakzulan meningkat

Baca juga: Warga Brazil protes peran Bolsonaro dalam 500.000 kematian COVID-19


 

25 orang tewas dalam penggerebekan polisi paling kejam di Brazil

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021