Mobil listrik Renault 5 dilaporkan akan mulai produksi pada 2024

Mobil listrik Renault 5 dilaporkan akan mulai produksi pada 2024

Renault 5 (ANTARA/HO-Auto Express)

Jakarta (ANTARA) - Hatchback listrik Renault 5 dipamerkan dalam bentuk prototipe di IAA Motor Show 2021 di Munich Jerman, dan dilaporkan akan akan mulai diproduksi pada 2024.

Dikutip dari Auto Express, Rabu, ikon retro yang dihidupkan kembali itu akan memasuki produksi pada tahun 2024 sebagai kendaraan pertama berdasarkan platform CMF-BEV baru Renault-Nissan Alliance, yang telah dirancang khusus untuk kendaraan listrik yang lebih kecil.

Renault mengatakan platform baru tersebut bisa menjadi kunci untuk membuka mobil listrik kecil yang terjangkau, dengan bos mengklaim bahwa Renault 5 akan berharga sekitar 33 persen lebih murah dari Zoe yang ada saat ini.

Berbicara kepada Auto Express di Munich Motor Show, wakil presiden eksekutif Renault untuk teknik, Gilles Le Borgne, mengatakan bahwa Renault 5 akan menjadi mobil yang sangat terjangkau.

"Kami harus berada di kisaran antara 20.000-25.000 euro, tetapi tetap menguntungkan. Itulah tantangannya," kata Gilles.

Tidak jelas apakah target harga dengan biaya yang relatif rendah ini mencakup insentif pemerintah.

Renault mengatakan bahwa platform CMF-BEV barunya untuk mobil kecil akan memberikan Renault 5 jarak tempuh hingga 400km (249 mil).

Angka kisaran ini adalah untuk paket baterai 52kWh yang lebih besar, yang kemungkinan juga akan datang dengan harga awal yang lebih tinggi.

Le Borgne juga mengkonfirmasi bahwa model entry-level akan dilengkapi dengan baterai 40kWh, yang akan menawarkan jangkauan maksimum yang lebih moderat tetapi juga akan lebih terjangkau.

Renault 5 baru akan mengambil inspirasi besar dari nenek moyangnya, berbagi siluet kotak yang sama dan ujung depan persegi. Namun, para desainer perusahaan telah memodernisasi fitur-fitur seperti lampu depan, tutup bagasi, dan lampu belakang.

Ini akan menjadi supermini listrik lima pintu, dengan pegangan pintu tersembunyi di pilar C dan pintu belakang yang pas dengan panel seperempat untuk memberikan ilusi gaya bodi tiga pintu.

Prototipe Renault 5 adalah karya desainer Gilles Vidal. "Desain prototipe Renault 5 didasarkan pada R5 – model kultus warisan kami. Prototipe ini hanya mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan zamannya: urban, elektrik, atraktif,” kata Vidal,

Baca juga: Dacia Jogger diperkenalkan di pameran IAA Motor Show 2021

Baca juga: Renault Megane EV akan pakai chip Qualcomm

Baca juga: Dacia Jogger, mobil keluarga terbaru dari Renault
Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021