Jakarta (ANTARA) - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama TNI AL akan melaksanakan bakti sosial di Provinsi Papua dalam rangka percepatan vaksinasi untuk mendukung pelaksanaan PON XX.

Rektor IPDN Hadi Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melepas Tim Satgas Vaksinasi COVID-19 di Gd Suma 2, Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu.

Tim Satgas COVID-19 TNI AL dan IPDN itu berjumlah 81 personel terdiri atas 55 orang dari TNI AL, 20 orang dari IPDN, dan 6 orang dari sukarelawan yang akan bergabung di Provinsi Papua dengan tim, baik dari jajaran kodam, polda, lantamal, maupun pemda.

Rektor IPDN Hadi Prabowo menjelaskan bahwa keberangkatan tim satgas tersebut dengan pesawat Hercules TNI AU.

"Menggunakan Hercules. Mereka nanti bermalam di Ambon, besoknya lanjut ke Papua," kata Hadi menjelaskan.

Setibanya di Papua, Kamis  (9/9), Satgas Vaksinasi COVID-19 langsung membantu tim vaksinasi daerah untuk melakukan vaksinasi di Kantor Gubernur Papua.

Hadi juga menjelaskan soal jumlah personel dari IPDN terdiri atas tenaga kesehatan dan pendukung sebanyak 20 personel. Mereka dipimpin oleh Kasat Manggala IPDN Brigjen Pol. Dodi Marsidy dan Dekan Fakultas Politik Pemerintahan Andi Pitono.

Soal akomodasi selama di Papua, Hadi mengatakan bahwa Tim Satgas Vaksinasi COVID-19 menginap di Kampus IPDN Papua.

Kegiatan vaksinasi di Kampus IPDN Papua dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021. Selanjutnya, pada hari kedua, pada tanggal 14 September 2021, di Kabupaten Jayapura dan pada tanggal 15 sampai 16 September 2021 di Kabupaten Keerom.

Hadi juga menjelaskan untuk kegiatan vaksinasi di IPDN Jatinangor pada tanggal 17—18 September 2021 akan dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat di sekitar Kampus IPDN Jatinangor sebanyak 5.264 orang.

Baca juga: IPDN-TNI AL alokasikan 15 ribu dosis vaksin untuk masyarakat Sumedang

Baca juga: IPDN luncurkan Smart Campus Database untuk mudahkan akses informasi


Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021