Kendari (ANTARA News) - Pimpinan Redaksi Harian Media Sultra, Sudirman Duhari dan La Ode Masrafi (Kepala Biro ANTARA) masing-masing terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulawesi Tenggara periode 2010-2015

Proses pemilihan pengurus PWI cabang melalui Konperensi Musyawarah Cabang (Konfercab) yang dihadiri Wakil Ketua PWI Pusat Bidang Pembinaan Daerah, Atal S. Depari, Kamis, diawali dengan penjaring bakal calon ketua berlangsung cukup tegang, namun demokratis.

Pada penjaring pertama, dari 48 anggota PWI yang mempunyai hak suara untuk memilih dan dipilih yang memperoleh suarah terbanyak pertama Sudirman (27 suara), La Ode Masrafi (15 suara) dan Altor Opusunggu (Pimred Radar Sultra) juga memperoleh 15 suara.

Untuk menentukan ketua terpilih, sidang pleno Konfercab PWI yang dipimpjun tiga orang anggota masing-masing Ramli Ahmad (Pempred Radar Buton), Kenny Rachim (Redaktur HR Media Sultra) dan Agus Sanaa (HR Sinar Harapan) melanjutkan pemilihan putran kedua.

Dari hasil pemilihan putran kedua sisa tiga orang yang maju yakni Sudirman Duhari memperoleh (25 suara), La Ode Masrafi (16 suara) dan Altor Opusunggu (5 suara).

Dengan demikian, berdasarkan aturan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PWI maka yang memperoleh suara terbanyak berhak menjadi ketua PWI sekaligus menggantikan pengurus lama periode 2006-2010, Kusnadi.

Sebelumnya, beberapa naman calon Ketua PWI yang lainn yang juga mendapat dukungan suara namun tidak berhasil lolos ke putaran selanjutnya diantaranya, Hendrik Nasaruddin (Pempred Harian Kendari Ekspres), dengan memperoleh 10 suara.

Halim Ahmad (Koresponden Metro TV memperoleh 5 suara, Zakaria Sidik RRI Kendari (3 suara) Umar Marhum Redaktur HR Kendari Ekspres (2 suara), Azis Senong LKBN ANTARA (2 suara), dan Sabaruddin yang merupakan PWI perwakilan Kabupaten Kolaka hanya menperoleh 1 suara.

Wakil Ketua PWI Pusat Bidang Pembinaan Daerah, Atal S Depari dalam pengarahanya mengatakan, proses pemilihan Ketua PWI Sultra untuk lima tahun kedepan dinilai sangat demokratis.

"Saya hanya menyatakan bahwa pemilihan ketua PWI Sultra kali ini sudah sesuai dengan aturan dan prosedur," kata Atal yang juga Pempred di salah satu media harian di Kalimantan Tengah.

Hingga berita ini diturunkan, komposisi pengurus PWI Sultra juga dilengkapi dengan empat wakil ketua masing-masing Altor Opusunggu Wakil Ketua Bidang Organisasi), Hendrik Nasaruddin (Wakil Ketua bidang Pembelaan Wartawan), Halim Ahmad (Wakil Ketua Bidang Pendidikan) dan Zakaria Sidik (Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan) dan dilengkapi Bendahara, Abdul Kadir Jamal dan Wakil bendahara Agus Sanaa.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemilihan ketua PWI yang berakhir pukul 19.20 Wita itu juga memilih kepenguruan baru sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Sultra untuk lima tahun yakni Kusnadi sebagai Ketua dan Azis Senong sebagai sekretaris dan dilengkapi tiga orang anggota.
(T.A056/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010