Semua pihak diharapkan dapat implementasikan DBON

Semua pihak diharapkan dapat implementasikan DBON

Tangkapan layar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang bergulir secara hybrid, Kamis (9/9/2021). ANTARA/Youtube Kemenpora RI/pri. (ANTARA/Youtube Kemenpora RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan semua pihak harus turut andil mengambil langkah-langkah penting dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah memiliki payung hukum melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86.

Amali menuturkan mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga tingkat kabupaten atau kota harus bersinergi dalam penerapan dari grand desain tersebut.

"Implementasi DBON berjalan simultan, dalam Perpres 86/2021 bukan hanya menjadi pekerjaan besar Kemenpora saja tetapi dengan kementerian/lembaga lain," kata Menpora Amali dalam puncak peringatan Haornas ke-38 di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jokowi resmi luncurkan Perpres DBON pada peringatan Haornas ke-38

Dengan lahirnya Perpres nomor 86, Menpora Amali berharap akan mempercepat implementasi DBON. Untuk saat ini, Kemenpora akan mulai menyosialisasikan DBON dan Perpres 86 ke semua stakeholder olahraga, pemangku kepentingan yang tercantum dalam Perpres.

Menpora Amali juga berharap dukungan media untuk menyosialisasikan hal itu. "Kami mohon dukungan dari para jurnalis dan media untuk menyosialisasikan DBON dan juga Perpres 86 tahun 2021 ini. Kami menyadari peran teman-teman jurnalis sangat besar di dalam sosialisasi ini," kata Amali.

Sebelumnya, Amali berharap DBON menjadi jawaban dari arahan Presiden Joko Widodo tentang review total olahraga nasional, perbaikan tata kelola pembinaan prestasi serta sinergitas antar pemangku olahraga pusat hingga daerah.

Lahirnya DBON juga telah melalui pembahasan panjang selama satu tahun dan didiskusikan dengan banyak stakeholder olahraga seperti KONI, NPC Indonesia, KORMI, cabang olahraga serta kalangan perguruan tinggi, para guru besar keolahragaan, para praktisi dan pimpinan induk cabang olahraga.

Baca juga: DBON jadi harapan baru bagi peningkatan prestasi olahraga
Baca juga: Menpora beri penghargaan kepada insan olahraga pada Haornas ke-38
Pewarta : Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021