Stok vaksin di Yogyakarta 114.000 dosis, tuntaskan vaksinasi Oktober

Stok vaksin di Yogyakarta 114.000 dosis, tuntaskan vaksinasi Oktober

Petugas melakukan screning kesehatan siswa berkebutuhan khusus saat Vaksinasi COVID-19 untuk siswa berkebutuhan khusus di SLB N 1 Bantul, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta, Jumat (10/9/2021). Vaksinasi untuk 375 siswa berkebutuhan khusus dan keluarga itu guna mendukung percepatan menuju Herd Immunity COVID-19. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc.

Yogyakarta (ANTARA) - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyatakan ketersediaan vaksin COVID-19 di Kota Yogyakarta saat ini mencapai sebanyak 114.000 dosis yang diharapkan dapat mendukung percepatan penuntasan vaksinasi pada pertengahan Oktober, terutama untuk warga setempat.

“Masih ada sekitar 125.000 warga Kota Yogyakarta yang belum divaksin. Dan sudah ada arahan dari pusat untuk segera menuntaskan vaksinasi terlebih stok yang ada cukup banyak,” katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, stok vaksin yang cukup banyak tersebut sudah memperhitungkan kebutuhan untuk penyuntikan vaksinasi dosis kedua.

“Namun, arahan dari pusat meminta agar tidak perlu menyiapkan stok cadangan untuk dosis kedua. Pemerintah pusat menjamin, kebutuhan untuk vaksin kedua akan selalu terpenuhi jika ada permintaan,” katanya.

Oleh karenanya, Haryadi pun menyebut arahan tersebut justru menguntungkan rencana Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menuntaskan vaksinasi bagi seluruh warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksin atau berusia 12 tahun ke atas.

Berdasarkan data, jumlah warga Kota Yogyakarta berusia 12 tahun ke atas mencapai sekitar 340.000 dan 62 persen di antaranya sudah menerima vaksinasi.

Namun demikian, ia menyebut tidak semua dosis vaksin yang tersedia saat ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi masyarakat umum.

“Sebanyak 35.000 dosis di antaranya adalah vaksin Moderna yang hanya dikhususkan untuk tenaga kesehatan saja,” katanya.

Sedangkan upaya percepatan vaksinasi, lanjut Haryadi, akan dilakukan dengan menggelar vaksinasi langsung ke wilayah sehingga akan lebih mendekatkan dan memudahkan akses masyarakat memperoleh vaksin.

Selain fokus menuntaskan vaksinasi untuk warga Kota Yogyakarta, kata dia, pemerintah daerah setempat juga memberikan layanan vaksinasi untuk semua warga yang berdomisili di Kota Yogyakarta.

Layanan vaksinasi untuk masyarakat dengan KTP nasional, kata Haryadi Suyuti, bisa diakses melalui sentra-sentra vaksinasi di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, terkait pemanfaatan vaksin Moderna, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan hal senada bahwa vaksin Moderna hanya disuntikkan bagi tenaga kesehatan.

“Penyuntikan vaksin untuk booster tersebut dilakukan bertahap. Misalnya sepertiga dari total tenaga kesehatan di tiap puskesmas divaksin terlebih dulu baru menyusul sisanya,” katanya.

Pengaturan jadwal pemberian vaksin booster tersebut ditujukan sebagai antisipasi munculnya kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) agar masih ada tenaga kesehatan yang dapat bertugas memberikan pelayanan ke masyarakat, demikian Heroe Poerwadi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Gubernur DIY percepat vaksinasi

.Baca juga: Kota Yogyakarta intensifkan pengecekan dokumen vaksinasi wisatawan

Baca juga: Satgas COVID-19 Yogyakarta intensifkan vaksinasi langsung ke wilayah

 
Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021