Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan strategi sebagai subholding komersial dan perdagangan mendukung pencapaian target Pertamina (Persero) pada 2024. 

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, SubHolding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution, melalui keterangan tertulis, Sabtu menyampaikan dengan selesainya proses legal end-state pada 1 September 2021, maka pihaknya bersiap lari mencapai visi menjadi salah satu perusahaan energi terbesar di Asia Pasifik, mendukung pencapaian aspirasi Pertamina 100 miliar dolar AS pada 2024.

Dengan legal end-state, Pertamina Patra Niaga selaku subholding Pertamina (Persero) bertugas mengelola bisnis BBM, LPG, avtur, serta produk petrokimia, baik secara Business to Business (B2B) maupun Business to Customer (B2C) secara langsung. Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga turut mengelola seluruh infrastruktur Fuel Terminal, Depot LPG, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

“Atas amanah ini, kita harus pastikan keandalan operasional, pasokan, dan layanan kepada masyarakat, tentunya dengan memperhatikan dan menjaga aspek HSSE dalam pelaksanaannya,” ujar Alfian.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga dorong munculnya wirausahawan baru

Ia mengatakan pihaknya menjalankan dua strategi yakni konsolidasi dan ekspansi untuk mengambil peluang-peluang pasar untuk produk baru yang belum dimaksimalkan serta merespons dan ekspansi ke pasar regional dan internasional.

Dalam mencapainya, ada enam program atau 6G yang setelah legal end-state langsung dilanjutkan, yakni Go Retail, Go Digital, Go Customer, Go Petchem, Go Solution, dan Go Expand.

“Diharapkan, dengan fokus perusahaan yang sudah jelas ini, Pertamina Patra Niaga dapat memastikan ketersediaan energi yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat,” kata Alfian.

Dia juga turut berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus memperkuat soliditas, optimisme, dan memupuk kerja sama untuk membuktikan bahwa organisasi baru dan kepercayaan yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga dalam menjalankan tugasnya. 

Baca juga: Pertamina Patra Niaga operasikan 76 SPBU ramah lingkungan
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021