5.000 anak di Minahasa Tenggara sudah divaksin COVID-19

5.000 anak di Minahasa Tenggara sudah divaksin COVID-19

Seorang anak mendapat vaksinasi COVID-19 di Minahasa Tenggara. ANTARA/Artur

Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mencatat sebanyak 5.898 anak usia 12-17 tahun di daerah itu telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Dari 11.000 anak yang menjadi target sasaran vaksinasi COVID-19, sudah 50 persen terealisasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan, Sabtu.

Baca juga: Studi: Long COVID pengaruhi 1 dari 7 anak 15 minggu setelah positif

Sedangkan untuk dosis kedua kata dia, jumlah anak yang telah memperoleh vaksin telah mencapai 1.341 orang atau 11,4 persen dari target sasaran.

"Pemberian dosis kedua ini kata dia terus dimaksimalkan, sehingga makin banyak anak-anak mendapatkan vaksin di Minahasa Tenggara," jelasnya.

Baca juga: Anak penyandang diabetes boleh vaksinasi COVID-19

Kata Helni, jenis vaksin yang diberikan kepada anak-anak tersebut yakni Sinovac, sesuai dengan petunjuk klinis dari Kementerian Kesehatan.

Ia menambahkan, Pemkab Minahasa Tenggara mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi ini agar proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah segera dilaksanakan.

Baca juga: Kodam Siliwangi-Utama gelar vaksinasi warga usia sekolah siapkan PTM

"Dan yang paling penting juga untuk membentuk kekebalan kelompok, khususnya anak di usia 12 sampai 17 tahun," ujarnya.

Dia mengajak para orang tua agar segara melakukan vaksin bagi anaknya, dengan mendatangi tempat vaksinasi atau fasilitas kesehatan di tingkat kecamatan, tambah dia.
Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021