Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain melanjutkan tren sapu bersih awal musim mereka sembari memaksa Clermont menderita kekalahan perdana selepas mengalahkan tim promosi itu dengan skor telak 4-0 dalam laga pekan kelima Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Sabtu.

Ander Herrera mengemas dua gol dalam kemenangan kali ini, diikuti gol-gol Kylian Mbappe dan Idrissa Gueye, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Tim besutan Mauricio Pochettino kian mencengkeram puncak klasemen Liga Prancis dengan raihan 15 poin penuh, sedangkan Clermont (8) sementara masih duduk di posisi ketiga.

Baca juga: Klasemen Liga Prancis: PSG lanjutkan sapu bersih demi genggam puncak

Kendati Lionel Messi dan Neymar belum masuk skuat setelah kembali lebih belakangan dari jeda internasional, PSG tetap mampu tampil tajam di lini depan.

Laga ini juga menjadi debut pemain terbaik Euro 2020, Gianluigi Donnarumma, mengawal gawang PSG dan ia menandainya dengan catatan nirbobol.

Herrera membuka keunggulan PSG pada menit ke-20 dengan kesigapannya menanduk bola muntah hasil umpan silang Achraf Hakimi yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper Arthur Desmas.

Baca juga: Lyon dapatkan bek gaek Jerome Boateng secara cuma-cuma

Jebolan akademi Athletic Bilbao itu kemudian menggandakan keunggulan Les Parisiens pada menit ke-31 lagi-lagi dengan situasi mudah memanfaatkan bola liar setelah Florent Ogier gagal menyapu sempurna umpan tarik Mbappe.

Garis pertahanan tinggi yang diterapkan Clermont menjadi senjata makan tuan, sebab pada menit ke-55 Julian Draxler mengirim umpan panjang yang bisa dikejar Mbappe melewati Akim Zedadka sebelum memancing Desmas keluar dari sarangnya dan menceploskan bola ke gawang yang sudah tak bertuan.

Sepuluh menit berselang gol keempat PSG lahir, lagi-lagi setelah Desmas melakukan antisipasi tak sempurna atas tembakan Mbappe dan bola muntah disundul oleh Gueye ke dalam gawang tim tamu.

Baca juga: Debut Messi jadi kameo saat Mbappe antar PSG bekuk Reims

Kedua tim akan memainkan pertandingan lanjutan mereka di Liga Prancis pada Minggu pekan depan, saat PSG kembali tampil di kandang menjamu Olympique Lyon dan Clermont menyambut kedantang Brest di Stadion Gabriel-Montpied.

Namun, empat hari sebelumnya PSG akan lebih dulu terbang ke Belgia untuk menghadapi Club Brugge dalam pertandingan Grup A Liga Champions.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021