Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta semua pihak untuk mengatasi dan memperbaiki berbagai persoalan yang terjadi di lembaga pemasyarakatan (lapas)  yang salah satunya mengenai kelebihan kapasitas.

Dia menilai kalau persoalan tersebut tidak bisa segera diatasi maka percuma kalau solusinya mengganti pejabat berwenang.

"Masalah lapas khususnya di Tangerang adalah klise yang akan terjadi siapapun dirjen dan menteri hukum dan HAM sehingga harus segera diperbaiki," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut dia, semua pihak tahu persoalan kelebihan kapasitas yang terjadi di berbagai lapas di Indonesia yang disebabkan berbagai hal.

Selain itu dia menilai aturan mengenai narapidana kasus narkotika yang juga harus diperbaiki menjadi satu kesatuan.

"Kita sama-sama tahu lapas di Indonesia kelebihan kapasitas lalu aturan tentang narapidana narkotika. Semua harus jadi kesatuan yang harus dibenahi jadi siapapun Menkumham dan Dirjen PAS, hal ini bisa saja terjadi," ujarnya.

Selain itu Dasco mengatakan, terkait adanya dugaan unsur kelalaian pada peristiwa kebakaran Lapas Tangerang, persoalan napi yang kelebihan maka berbagai macam masalah tidak bisa dihindari.

Namun menurut dia, apabila benar ditemukan adanya unsur kelalaian maka ada aturan yang mesti dijalani.

Baca juga: Polri sebut dugaan kelalaian dalam kasus kebakaran Lapas

Baca juga: Polri periksa 14 orang saksi dalam kasus kebakaran Lapas Tangerang

Baca juga: Polisi: Jangan berspekulasi soal penyebab kebakaran Lapas Tangerang


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021