TNI AL upayakan kapal RS untuk vaksinasi masyarakat di pulau-pulau

TNI AL upayakan kapal RS untuk vaksinasi masyarakat di pulau-pulau

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri) didampingi Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama IG Kompiang Aribawa (kiri) melihat seorang vaksinastor dari Polda NTT yang menyuntikan cairan vaksin COVID-19 kepada seorang pelajar Kota Kupang, NTT, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Kupang (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa untuk membantu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di sejumlah pulau-pulau di NTT, TNI AL akan mengerahkan kapal rumah sakit-nya.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di sejumlah pulau-pulau di NTT ini, kita akan kerahkan KRI, tetapi jika tidak bisa maka akan turunkan Kapal RS agar bisa melayani hingga ke pulau-pulau di NTT ini," katanya kepada wartawan di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya dari TNI AL dalam rangka mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di NTT yang merupakan provinsi kepulauan.

Ia mengatakan untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 ini jajaran LAntamal VII Kupang bersama pemerintah daerah juga selama ini sudah melakukan vaksinasi COVID-19, dengan sasaran masyarakat pesisir dan kepulauan.

Baca juga: Kasal tinjau vaksinasi bagi masyarakat maritim di Kupang

Baca juga: Vaksinasi merdeka di tempat ibadah ditargetkan mencapai 6 ribu dosis


Namun ia mengakui bahwa semuanya belum terjangkau, sehingga pelaksanaan vaksinasi di kepulauan di NTT akan dipercepat lagi dengan menggunakan KRI.

"Tentunya vaksinasi yang dilakukan juga melibatkan Pemda dan jajaran TNI dari angkatan lainnya dan juga Polri," ujar dia.

Berdasarkan data dari dinas kesehatan NTT cakupan vaksinasi dosis pertama di provinsi Nusa Tenggara Timur, hingga kemarin Jumat, (10/9) pekan lalu, telah mencapai 23,85 persen.

Angka ini setara dengan 913,66 ribu peserta vaksin dari target yang ditetapkan sebanyak 3.83 juta orang. Sementara untuk vaksinasi dosis 2 hingga kemarin telah tercapai 12,92 persen dari target.

Baca juga: TNI AL Labuan Bajo-NTT gelar serbuan vaksinasi 790 dosis

Baca juga: Polda NTT gencar gelar vaksinasi terapung kawasan pesisir
Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021