Jakarta (ANTARA News) - Western Digital (WD) di Jakarta Rabu memperkenalkan hard drive SATA berkapasitas 3 TB kepada pasar Indonesia.

WD Caviar Green merupakan produk ramah lingkungan dengan WD GreenPower Technology. Teknologi itu bisa mengurangi konsumsi daya dengan menciptakan temperatur operasional lebih rendah guna menghasilkan keandalan lebih tinggi dan tingkat kebisingan lebih rendah untuk operasional lebih senyap.

WD Caviar Green dirancang untuk pemakaian sebagai ruang penyimpanan eksternal sekunder dan ruang penyimpanan PC generasi baru yang berbasis 64 bit.

WD memadukan hard drive WD Caviar Green 3 TB dengan Host Bus Adapter (HBA) yang memenuhi Advanced Host Controller Interface (AHCI). Hal itu memungkinkan sistem operasi menggunakan driver yang dikenal dengan dukungan tepat untuk drive berkapasitas besar.

Saat ini data pengguna dalam media disimpan dalam sektor berukuran 512 byte. Industri penyimpanan memperbaiki arsitektur lama itu dengan mengubah ukuran sektor dalam media penyimpanan dari 512 byte data menjadi 4,069 byte.

Setiap sektor memiliki celah, Sync/DAM (lead-in) dan informasi koreksi kesalahan. Bangunan lama itu tidak efisien untuk Error Correction Code (EEC). Selain itu juga membutuhkan banyak overhead untuk mendukung EEC di banyak blok.

WD Caviar Green didukung teknologi Advanced Format yang bisa menghapus blok Sync/DAM, celah antar sektor dan 8 blok EEC yang terpisah, sehingga memperbaiki tingkat kesalahan dalam kapasitas sama yang tersedia.

Teknologi Advanced Format memperbaiki burst error correction sebesar 50 persen melalui penggunaan kata kode ECC yang lebih besar. Teknologi itu juga dirancang untuk bekerja dengan sistem operasi terbaru seperti Windows Vista, Windows 7 dan Mac.

WD menawarkan piranti lunak WD Align untuk pengguna yang masih menggunakan Windows XP. WD Align merupakan utilitas sederhana yang memungkinkan drive dengan Advanced Format yang bekerja dengan Windows XP berjalan dengan kinerja penuh.

Selain berkapasitas 3 TB, produk itu juga tersedia dalam kapasitas 2.5 TB, 2 TB, 1.5 TB dan 1 TB.

WD Caviar Green 3 TB dibanderol harga Rp3.500.000, dan sudah tersedia di tanah air. Garansi terbatas yang ditawarkan selama tiga tahun.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010