PBSI jelaskan alasan pemilihan empat pemain muda ke Piala Sudirman

PBSI jelaskan alasan pemilihan empat pemain muda ke Piala Sudirman

Arsip foto - Ganda campuran Indonesia Rivaldy Rinov (kiri) dan Mentari Pitha Haningtyas, mengembalikan kok kearah ganda campuran China Taipe Lee Jhe-Huei dan Hsu Ya Ching saat pertandingan putaran pertama Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Pasangan Rivaldy dan Mentari kalah dengan skor 15-21 dan 13-21. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menjelaskan bahwa pemilihan empat pebulu tangkis muda pada kejuaraan Piala Sudirman 2021 didasarkan pada hasil penilaian setelah melihat kualitas permainan selama latihan hingga simulasi pertandingan.

"Dilihat dari kualitas permainan dia, terutama di simulasi kemarin saat mereka mampu mengeluarkan perlawanan agresif," kata Rionny dalam sesi jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa.

Berbekal penilaian itu, keempat atlet yang terdiri dari Putri Kusuma Wardani dan Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) berkesempatan menemani perjuangan senior mereka di Piala Sudirman.

Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan menjuarai Spain Masters di bulan Mei. Secara teknis dan kemampuan, PBSI menilai mereka sudah bermain bagus dan siap untuk turun pada ajang beregu.

Baca juga: Program latihan sudah matang, Tim Piala Sudirman siap tanding
Baca juga: PBSI perketat persiapan tim Piala Sudirman jelang keberangkatan


Sementara Ester diturunkan karena punya tipikal bermain menyerang, yang diharapkan bisa menjadi kejutan karena permainannya belum banyak diketahui lawan.

"Saya tekankan mereka yang muda ini sudah latihan dengan baik, setiap hari ada evaluasi. Penilaiannya juga dari kedisiplinan, teknik permainan, dan karakter. Kami pilih yang terbaik, itu jadi dasar pemilihan mereka berempat," Rionny menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Putri sudah tidak sabar untuk berlaga di kejuaraan yang akan berlangsung di Kota Vantaa, Findlandia pada 26 September-3 Oktober.

Atlet berusia 19 tahun ini mengaku pernah berkhayal untuk berlaga pada ajang bergengsi ini saat masih di tingkat junior. Putri pun sempat tidak percaya karena di tahun ini dia bisa mewakili Indonesia berlaga di Piala Sudirman meski usianya masih remaja.

"Kalau saya tidak bisa menilai kenapa bisa dipilih, pelatih yang menentukan. Tapi dengan keterlibatan ini saya siap untuk bertanding. Saya tidak merasa terbebani, justru termotivasi dan berterima kasih kepada pelatih sudah memilih saya," kata Putri.

Baca juga: PBSI kirim 20 atlet dalam skuad Piala Sudirman 2021
Baca juga: Richard Mainaky beberkan kunci sukses pelatihan ganda campuran PBSI
Baca juga: Richard akui tak menyesal dan bangga pensiun sebagai pelatih PBSI
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021