BTS resmi jadi utusan khusus Presiden Korea jelang Sidang Umum PBB

BTS resmi jadi utusan khusus Presiden Korea jelang Sidang Umum PBB

Grup idola K-pop BTS dalam video kemenangan ajang MTV Video Music Awards 2021 ANTARA/Big Hit Entertainment.

Jakarta (ANTARA) - Boy band populer BTS resmi ditunjuk sebagai utusan khusus untuk diplomasi publik oleh Presiden Moon Jae-in di Cheong Wa Dae atau kantor Kepresidenan Republik Korea Selatan pada Selasa (14/9) waktu setempat.

Menurut Cheong Wa Dae, BTS akan memulai kegiatan dengan sungguh-sungguh sebagai utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan dengan menghadiri sesi tahunan Majelis Umum PBB di New York minggu depan.

Baca juga: BTS dan Megan Thee Stallion akan rilis remix "Butter"

Baca juga: BTS resmi batalkan tur dunia karena pandemi COVID-19


Rencananya, presiden dan ketujuh anggota BTS akan hadir dalam agenda Momen Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Momen SDG) Dekade Aksi yang diadakan pada Senin (20/9). BTS akan berpidato selama sesi tersebut dilengkapi dengan pemutaran klip video dari penampilannya.

Agenda pertemuan Momen SDG bertujuan untuk memperkuat upaya masyarakat internasional untuk mencapai SDGs, yakni sebuah cetak biru untuk menyelesaikan tantangan global yang tertunda, termasuk kemiskinan, kelaparan, dan krisis iklim.

“Merupakan suatu kehormatan untuk dapat melakukan sesuatu dengan gelar ini sebagai utusan khusus presiden untuk generasi mendatang dan budaya,” kata personel RM yang bernama asli Kim Nam-joon melalui juru bicara Moon Park Kyung-mee dalam jumpa pers, dikutip dari Yonhap pada Rabu.

RM mengatakan bahwa kesempatan yang diberikan ini adalah suatu kehormatan karena dirinya beserta para personel lainnya selalu berpikir tentang bagaimana membalas kasih yang telah mereka terima.

Moon mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BTS karena meningkatkan martabat Republik Korea melalui K-pop dan budaya Korea.

“BTS adalah topik yang diangkat berkali-kali pada awal dialog dalam pertemuan dengan para pemimpin asing, yang membuat kegiatan diplomatik menjadi ‘lebih mudah’,” kata presiden Moon kepada BTS.

Sementara Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook mengatakan bahwa BTS memainkan peran besar dalam menyebarkan bahasa Korea ke luar negeri, dengan banyak orang asing belajar bahasa Korea untuk memahami lirik lagu-lagunya.

Pada bulan Juli, Cheong Wa Dae telah mengumumkan keputusan Moon untuk menunjuk BTS untuk tugas tersebut.

“Karena BTS telah menyampaikan pesan kenyamanan dan harapan ke seluruh dunia, kehadirannya di Majelis Umum PBB kali ini diharapkan menjadi kesempatan yang berarti untuk memperluas komunikasi dengan generasi masa depan di seluruh dunia dan menarik simpati mereka pada isu-isu internasional utama,” kata Cheong Wa Dae dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: "My Universe" akan jadi kolaborasi baru Coldplay & BTS

Baca juga: BTS dapat tiga piala di MTV VMA 2021

Baca juga: Olivia Rodrigo hingga BTS raih kemenangan di VMA 2021
Pewarta : Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021