SMI dan Bloomberg Philanthropies dorong transisi energi bersih

SMI dan Bloomberg Philanthropies dorong transisi energi bersih

Petani memikul Kubis yang baru dipanen melintasi instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) PT Geo Dipa Energi kawasan dataran tinggi Dieng, desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (14/8/2021). PT Geo Dipa mengembangkan proyek pembangunan PLTP secara berkelanjutan guna mendukung tercapainya target pembangunan energi terbarukan, khususnya panas bumi yang ramah lingkungan. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.)

Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) bersama Bloomberg Philanthropies menandatangani komitmen kerja sama untuk mendorong transisi energi bersih di Indonesia serta mempromosikan ekonomi biru dan konservasi laut.

“Perpanjangan kemitraan antara PT SMI dan Bloomberg Philanthropies bertujuan mempercepat upaya dalam memerangi perubahan iklim serta mencapai pembangunan berkelanjutan,” kata Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad di Jakarta, Kamis.

Kerja sama PT SMI dan Bloomberg Philanthropies sebenarnya telah dimulai sejak 8 April 2019 dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di kota New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Indonesia melirik nuklir sebagai modal energi bersih

Penguatan kemitraan ini adalah salah satu dukungan memperkuat pencapaian target pembangunan berkelanjutan dalam platform pendanaan SDG Indonesia One (SIO) khususnya terkait transisi energi bersih dan perubahan iklim.

Kerja sama PT SMI dengan Bloomberg Philanthropies dimulai dalam bentuk dukungan dana hibah melalui Climate Works Foundation sebagai regranting agency untuk feasibility study solar rooftop bandara.

Kemudian juga dana hibah melalui program Vibrant Ocean Initiative dengan Rockefeller Philanthropy Advisory sebagai regranting agency untuk program Desa Bakti Untuk Negeri (DBUN) III – Bajo Climate Village Program.

Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yaitu mengambil bagian dalam memerangi perubahan iklim melalui Perjanjian Paris.

Indonesia berkomitmen mengurangi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kapasitas sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

Baca juga: Memacu energi bersih dalam prospek alternatif nuklir

Kemitraan antara PT SMI dan Bloomberg Philanthropies diharapkan mampu menciptakan inovasi dan program kolaboratif yang mendukung upaya memerangi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Pendiri Bloomberg LP dan Bloomberg Philanthropies Michael R. Bloomberg menyatakan kemitraan ini akan membantu memajukan proyek energi surya dan mendorong transisi energi bersih di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan kerja sama ini akan fokus pada pengumpulan data dan menarik pembiayaan untuk proyek-proyek yang mempromosikan keberlanjutan, konservasi laut, dan upaya menuju masa depan zero emisi.

“Bersama-sama kita dapat membantu meningkatkan investasi yang memperkuat ekonomi Indonesia sekaligus mendukung perjuangan melawan perubahan iklim,” katanya.

Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengkoordinasikan upaya dalam mempromosikan blended finance untuk membantu memerangi perubahan iklim dan mendukung transisi energi bersih.

Upaya itu akan dilakukan melalui berbagai cara seperti memberikan bantuan teknis melalui capacity building terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan perubahan iklim dan transisi energi global.

Selanjutnya, menyediakan dukungan fasilitas penyiapan proyek untuk meningkatkan persiapan proyek berkelanjutan dan mendukung penelitian terkait perkembangan rendah karbon untuk emisi net-zero.

Terakhir, kemitraan ini juga sebagai bentuk kolaborasi dalam proyek yang mendukung lingkungan laut dan masyarakat pesisir.
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021