Jakarta (ANTARA) - Platform esports Mobile Premier League (MPL) meraih pendanaan Seri E yang dipimpin oleh Legatum Capital dengan valuasi pre-money senilai 2,3 miliar dolar AS (sekira nyaris Rp33 triliun).

"Investasi ini merupakan pengakuan atas potensi industri game dan eSport serta dukungan terhadap kemampuan MPL untuk berkembang secara global. Kesuksesan MPL Indonesia mendorong kami untuk berekspansi ke Amerika Serikat, salah satu pasar game terbesar di dunia,” kata Sai Srinivas, Co-founder dan CEO, MPL dalam keterangannya pada Sabtu.

Sai mengaku sangat optimis dengan kemajuan operasi MPL di Amerika Serikat, "misi kami untuk menjadikan MPL sebagai pusat eSport dan gaming dunia."

MPL telah beroperasi selama dua tahun di Indonesia dan baru-baru ini semakin memperkuat ekspansinya secara global dengan memasuki pasar Amerika Serikat.

Saat ini MPL memiliki lebih dari 85 juta pengguna terdaftar secara global. Di Indonesia, MPL memiliki lebih dari 5 juta pengguna terdaftar dan telah menunjuk Baim Wong sebagai Brand Ambassador.

Pendanaan terbaru MPL dipimpin oleh Legatum Capital. Investor-investor yang terlibat di seri sebelumnya juga turut berpartisipasi di putaran Seri E, seperti Sequoia, SIG, RTP Global, Go-Ventures, Moore Strategic Ventures, Play Ventures, Base Partners, Telstra Ventures, dan Founders Circle Capital.

MPL akan menggunakan suntikan dana segar di Seri E untuk membiayai ekspansinya secara global, meningkatkan investasi di pengembangan teknologi lokal, dan mendorong pertumbuhan perusahaan di pasar lokal.

Baca juga: Baim Wong ditunjuk sebagai "brand ambassador" MPL Indonesia

"MPL melihat potensi eSport yang sangat besar di Indonesia di mana saat ini dari sisi pendapatan mobile gaming berada di peringkat 1 di Asia Tenggara dan peringkat ke delapan di dunia, oleh karena itu Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi MPL. Pendanaan terbaru ini akan membantu kami menjaga komitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermain dan berkompetisi secara sportif di platform kami lewat MPL FAIRPLAY dengan menerapkan prinsip bermain yang adil, aman, dan bertanggung jawab," kata Ridzki Syahputera, Country Head Mobile Premier League Indonesia.

Strategi D2C (direct-to-consumer) yang MPL lakukan menjadi kunci keberhasilan MPL di pasar global. Strategi ini juga membantu MPL meningkatkan jumlah pengguna, konten gaming serta jumlah turnamen dalam platform MPL, mendorong kolaborasi, menjaga loyalitas pengguna, serta melakukan monetisasi. Untuk mewujudkan visi dalam membangun MPL sebagai platform eSport terbesar di dunia, MPL bermitra dengan perusahaan investasi global, Legatum Capital.

Mark Stoleson, CEO Legatum dan anggota dewan komisaris MPL yang baru, mengatakan Legatum sangat senang dapat memimpin putaran pendanaan terbaru tersebut karena MPL terus menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dan mengokohkan posisi sebagai platform eSport dan gaming berbasis ketangkasan terkemuka di dunia.

"Kami juga merasa terhormat dapat mendukung Sai, Shubh, dan tim mereka yang luar biasa di MPL, serta para investor kelas dunia lainnya untuk bersama-sama membangun perusahaan yang memberikan pengalaman bermain game terbaik bagi pengguna, kesempatan terbaik bagi para pengembang untuk mendistribusikan game mereka, serta komitmen untuk mewadahi talenta-talenta global terbaik dan budaya perusahaan yang menginspirasi. Investasi Legatum di MPL merupakan bagian dari strategi kami dalam berinvestasi di perusahaan-perusahaan berskala dunia yang mengedepankan kategorisasi dan pengalaman terbaik bagi pengguna," kata Stoleson.

Di awal tahun ini MPL telah mengakuisisi perusahaan eSport Gaming Monk untuk membantu mengembangkan kapabilitas eSport dan live streaming di platform MPL.

Di awal September MPL juga telah mengumumkan kemitraan dengan Play Magnus Group yang didirikan oleh grandmaster Catur dari Norwegia, Magnus Carlsen. Melalui kerjasama tersebut, MPL akan menggelar ajang Indian Circuit sebagai tahap kualifikasi untuk Meltwater Champion Chess Tour.

Ajang itu merupakan ekspansi regional pertama yang pernah diadakan untuk Champion Chess Tour. MPL berkantor pusat di Bengaluru dan memiliki kantor-kantor perwakilan di Jakarta, Pune, New Delhi, Singapura, dan New York.

Baca juga: Baim Wong ajak main e-sports rayakan Haornas

Baca juga: EVOS optimistis hadapi MPL Season 8 dengan kembalinya Luminaire

Baca juga: Kiat Baim Wong usir kejenuhan saat pandemi COVID-19

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021