Siak (ANTARA) - Dua dari tiga atlet sepatu roda asal Kabupaten Siak, Riau, adalah kakak beradik yang bertekad meraih emas di Pekan Olahraga Nasional XX Papua dari cabang sepatu roda.

Ketiga atlet tersebut adalah Tengku Wahyu Gunawan (Wawan) dan Tengku Anggito Wicaksono (Anggit) asal Siak serta Jovi Julianto dari Tualang. Menariknya, Wawan dan Anggit adalah dua bersaudara.

"Benar kami kakak beradik. Saya abang dan Anggit adik saya, kami dipercaya untuk membela tim Riau. Target kami menang meski lawan-lawan kami berat," kata Tengku Wahyu Gunawan saat ditemui di Siak, Sabtu.

Wawan mengaku bangga dan senang bisa menjadi utusan Kabupaten Siak untuk mewakili Provinsi Riau bertanding di level nasional.

"Saat ini kami fokus melakukan persiapan latihan karena di Labersa tidak ada venue, adanya di Siak. Jadi kami latihan di sini aja bersama pelatih. Biasanya kami turun di setiap iven di bawah bendera PT Bumi Siak Pusako," ungkap pria kelahiran Siak 23 Mei 1997 ini.

Baca juga: Pembangunan venue sepatu roda PON Papua bertaraf dunia capai 70 persen

Ia pun minta doa dan dukungan dari masyarakat Siak dan Riau agar diberikan kesehatan dan bisa meraih juara satu di PON Papua.

Selain itu, Wawan juga mengapresiasi Ketua Porserosi Kabupaten Siak, Arfan Usman, dan pengurus KONI Siak yang telah mempercayainya mewakili Riau.

Ketiga atlet sepatu roda asal Siak ini memiliki sejumlah prestasi mentereng di tingkat nasional. Tengku Wahyu Gunawan pernah menjuarai Juara 1 nomor lomba Sprint 300M Kejurnas Piala Gubernur Sumatera Utara 2017, Juara 1 nomor lomba 5000m Putra Kejurnas Piala Gubernur Sumatera Utara 2017, Juara 2 nomor lomba Sprint 500m Kejurnas Piala Walikota Pariaman Sumatera Barat juara 2 nomor lomba 10.000m Putra Kejurnas Piala Bupati Siak Tahun 2019.

Sedangkan Tengku Anggito Wicaksono juara 1 Sprint 1000m Kejurnas Piala Bupati Siak Tahun 2019, Juara 3 Sprint Individual Time Trial 300m Putra PRA PON PAPUA, di Bekasi Jawa Barat Tahun 2019.

Sementara Jovi Juliardo atlet asal Tualang, Kabupaten Siak ini, pernah menjuarai di sejumlah iven, juara 1 nomor lomba 10000m Kejurnas Jawa Barat Open 2015, Juara 2 nomor lomba sprint 300m Kejurnas Piala Walikota Solo Tahun 2016, Juara 2 nomor lomba 200m Sprint kejurnas piala Walikota Pariaman tahun 2019 dan Juara 2 nomor lomba 10000m Kejurnas Siak 2019.

Baca juga: Aceh targetkan medali cabang sepatu roda di PON Papua
Baca juga: Atlet sepatu roda belia Yogyakarta optimismis sumbang emas
Baca juga: Atlet sepatu roda Papua uji coba arena dan perangkat pertandingan PON

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021