bersama membersihkan hoaks di ranah digital
Tanjungpinang (ANTARA) - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi terbentuk ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh 11 perusahaan media digital di salah satu hotel Kota Tanjungpinang, Sabtu.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyampaikan AMSI telah dibentuk sejak 2017. Sampai saat ini sudah terbentuk di 23 provinsi dengan beranggotakan lebih kurang 400 perusahaan media digital.

Dari jumlah pengurusan, kata dia, wilayah Kepri ini merupakan ke 22 dan ke 23 kalau dari sisi provinsinya. Karena Maluku dan Maluku Utara masih tergabung kepengurusannya.

"Masih ada tujuh atau delapan provinsi yang lain, yang sebenarnya tengah dipersiapkan," ujarnya dalam sambutan melalui virtual dari Jakarta.

Baca juga: AMSI: Tidak mudah memberitakan kekerasan seksual di media digital
Baca juga: Telkom berencana buat platform distribusi konten media


Manggut berpesan setelah susunan pengurus AMSI Wilayah Kepri telah terbentuk, maka segera disusun program yang akan dilaksanakan dengan berkoordinasi AMSI Pusat.

"Pengurus AMSI Kepri yang nantinya terbentuk diharapkan komitmen dengan program-program pusat. Mau bikin program apa di Kepri, kami siap membantu," ucapnya.

Lanjutnya menjelaskan sejarah singkat berdirinya AMSI berawal semakin berkembangnya industri media digital, namun demikian belum ada asosiasi yang menaunginya.

Selain itu, AMSI dibentuk di tengah merebaknya hoaks dan ujaran kebencian di Indonesia. Sehingga, melalui asosiasi ini diharapkan dapat bersama-sama melawan penyebaran hoaks maupun ujaran kebencian di dunia digital.

"Situasi seperti ini akan mengganggu kita sebagai pers maupun masyarakat umum, karena kalau dicekoki hoaks dan ujaran kebencian lama-lama akan teracuni juga. Waktu itu kita berpikir media harus menghimpun diri untuk bersama membersihkan hoaks di ranah digital," ujarnya.

Adapun 11 media digital yang menandatangani deklarasi pembentukan AMSI Kepri, antara lain angka berita.id, batamnews.co.id, beritaibukota.com, detak.media, gurindam.id, inikepri.com, kepri.tv, kepripedia.com, mejaredaksi.com, presmedia.id dan tribunbatam.id.

Baca juga: Kominfo gandeng ekosistem media susun regulasi "Publisher Rights"
Baca juga: AMSI gandeng Google gelar program CekFakta di Pilkada Sekadau
Baca juga: Wens - Wahyu Dyatmika terpilih kembali jadi Ketua - Sekjen AMSI Pusat

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021