agar memperlancar distribusi vaksin ke Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI, Sudin SE, berjanji akan membantu menyurati Pemerintah Pusat agar distribusi vaksin di Provinsi Lampung diperlancar mengingat cakupan vaksinasi yang masih rendah di provinsi ini.

"Nanti kita bantu menyurati Pemerintah Pusat dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk penyaluran vaksin di Lampung khususnya Bandarlampung ditambah," kata Sudin saat meninjau langsung vaksinasi, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, rendah atau tingginya cakupan vaksinasi di Provinsi Lampung bergantung bagaimana penyaluran dosis vaksin dari pusat, serta bagaimana regulasi pengajuan dari pemerintah daerah.

"Jadi selain kita bantu surati pemerintah agar memperlancar distribusi vaksin ke Lampung, kami juga ada jatah vaksin sehingga bulan depan akan diadakan vaksinasi kembali di provinsi ini," kata dia.

Ia mengatakan bahwa untuk sementara ini jatah vaksin yang diperolehnya dari pemerintah pusat telah disalurkan ke sejumlah daerah di Lampung seperti Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran Kota Bandarlampung dan Metro.

"Kalau sekarang yang kita bawa ada 2.000 dosis dimana 1.500 dosis disebar ke puskesmas-puskesmas di Kota Bandarlampung dan 500 dosis lagi dipakai hari ini untuk masyarakat. Kita utamakan Bandarlampung karena padat penduduk dan ibu kota Lampung," kata dia.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Lampung bertambah 75 orang
Baca juga: Bandara Radin Inten II-TNI AD targetkan vaksinasi COVID-19 250 orang


Sementara Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan, pihaknya membuka pintu kepada siapapun yang ingin memberikan sumbangsih terkait vaksinasi kepada masyarakat.

"Bila ada pihak-pihak yang ingin bekerja sama dalam mempercepat vaksinasi di kota ini maka pemkot akan menyediakan fasilitasnya seperti vaksinator dan tempat," kata dia.

Ia pun meminta kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi agar tidak abai dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) sebab pandemi masih belum usai.

"Saya yakin dengan kolaborasi semua pihak dalam penanggulangan COVID-19 target masyarakat yang divaksinasi sebanyak 800 ribu lebih akan tercapai dan kota ini segera masuk ke zona hijau," kata dia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang diunggah melalui website, vaksin.kemkes.go.id capaian vaksinasi dosis lengkap di Lampung baru mencapai 9,61 persen atau 638,742 orang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Sementara itu, jumlah orang yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap di Kota Bandarlampung berdasarkan data vaksin.kemkes.go.id sebanyak 219.733 atau 25,10 persen.

Baca juga: Dinkes: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung bertambah jadi 42.309
Baca juga: IDI Bandarlampung minta pemerintah tidak kecolongan adanya varian Mu
Baca juga: Ketua DPD mengapresiasi penanganan anak yatim korban COVID-19 Lampung


 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021