Tim SAR Gabungan menemukan ke lima orang korban dalam keadaan selamat
Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui team SAR Gabungan berhasil menyelamatkan lima orang penumpang longboat yang hanyut akibat mati mesin di perairan antara Pulau Kokoya dan Pulau Morotai.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Senin, menyatakan, personelnya melalui Unit Siaga SAR Morotai berhasil menyelamatkan lima orang penumpang longboat saat mengalami mati mesin di antara perairan pulau Morotai dan Pulau Kokoya.

Kelima korban yang berhasil diselamatkan yakni Anwar (34 tahun), Darmin (38 tahun), Tono (41 tahun), Hadi (13 tahun) dan Fahri (16 tahun).

Menurut dia, pada 19 September 2021, pukul 08.00 wit, kelima orang korban berangkat dari rumah masing-masing di Desa Juanga dengan menggunakan satu unit longboat untuk mencari ikan di sekitar Pulau Kokoya.

Sekitar pukul 18.00 wit pada saat dalam perjalanan kembali ke Desa Juanga Long Boat mengalami mati mesin dan salah seorang korban berhasil menghubungi pihak keluarga memberitahukan keadaan korban terapung di Perairan antara Pulau Kokoya dan Morotai.

Baca juga: Basarnas temukan nelayan hilang di laut Halmahera

Baca juga: Tim SAR selamatkan kru tugboat hanyut di Taliabu


"Aksi yang dilakukan setelah menerima laporan tersebut, pukul 20.21 wit, Koorpos Unit Siaga SAR Morotai mencoba menghubungi korban melalui telepon seluler namun sudah tidak bisa terhubung.

Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai pun bergerak menuju ke LKP dengan menggunakan speedboat masyarakat, kata Muhamad Arafah.

"Tim SAR Gabungan menemukan ke lima orang korban dalam keadaan selamat pada koordinat sekitar 0,5 NM arah timur laut dari lokasi duga. Kemudian, korban dievakuasi menuju ke Desa Juanga Morotai," katanya.

Ia menambahkan para korban selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. Tim SAR Gabungan pun melaksanakan debreafing penutupan operasi SAR dengan hasil seluruh korban ditemukan dalam keadaan selamat.

Baca juga: Tim SAR gabungan selamatkan penumpang longboat di perairan Halsel

Baca juga: Nenek 70 tahun terapung di perairan Ternate-Tidore, ditemukan Tim SAR

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021