Gibran dapat gelar dari Keraton Surakarta

Gibran dapat gelar dari Keraton Surakarta

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama kerabat Keraton Solo saat meninjau kegiatan vaksinasi di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (20/9/2021). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendapatkan gelar nama Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagara dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Iya tadi (memperoleh gelar dari keraton, red.)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah Senin.

Ia mengatakan gelar tersebut diperoleh saat mengunjungi kegiatan vaksinasi yang diikuti oleh abdi dalem keraton di Keraton Solo.

"Saya mau cek vaksinasi malah dapat kesempatan bertemu Sinuhun (Pakubuwana XIII, red.)," katanya.

Selain meninjau kegiatan vaksinasi, Gibran bersama pihak keraton juga membahas tentang beberapa hal, salah satunya terkait dengan penataan kawasan Keraton Kasunanan Surakarta.

"Nanti kami akan menyentuh beberapa bagian yang ada di keraton, salah satunya di alun-alun," katanya.

Baca juga: Ketua DPD raih gelar kehormatan dari Keraton Kasunanan Surakarta

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Dipokusumo mengatakan Gibran memperoleh gelar tersebut dari keluarga Keraton Solo dan langsung dari Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwana XIII.

"Keraton menilai beliau memiliki kedudukan dan pengaruh di Kota Solo, sekaligus beliau memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan Kota Solo, makanya beliau dapat gelar dari Sinuhun (raja, red.)," katanya.

Pria yang akrab disapa Gusti Dipo tersebut, mengatakan gelar yang diberikan kepada Gibran memiliki arti khusus, yakni nama Widura Nagara ini bisa diartikan sebagai panutan.

"Harapannya nama ini bisa melekat pada nama Mas Gibran sendiri, diharapkan juga Mas Gibran bisa 'ngayomi' (mengayomi) dan 'ngayemi' (memberikan ketentraman) kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Wali Kota Surabaya dapat gelar bangsawan dari Keraton Solo
 
Pewarta : Aris Wasita
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021