Bandarlampung (ANTARA) - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 97 Wira Pratama menggelar serbuan vaksin sebagai upaya strategis pengendalian hingga penurunan kasus COVID-19.

"Selain menggelar vaksinasi, kami juga melakukan bakti sosial," kata Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, di Bandarlampung, Senin.

Selain vaksinasi, katanya lagi, upaya pengendalian COVID-19 dengan penegakan protokol kesehatan melalui 5M atau memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta penguatan 3T yaitu tracing, testing, dan treatment serta percepatan vaksin.

"Sumbangsih kami bagaimana Indonesia dapat menjalani kehidupan normal dan pengembalian ekonomi yang sempat menurun akibat pandemi," kata Raden Romdhon Natakusuma.

Pada sisi lain, kata dia lagi, bagaimana mengupayakan aktivitas masyarakat dalam rangka mengembalikan pertumbuhan ekonomi tetap bisa terkendali dan angka COVID-19 tidak meningkat lagi, sehingga hal itu menjadi tantangan dan turut mengikuti kebijakan Pemerintah.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada satuan lain ataupun stakeholder terkait dermawan hingga tenaga kesehatan maupun relawan yang turut membantu dalam kegiatan kemanusiaan ini," ujarnya.

Pihaknya juga tidak henti untuk selalu mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, dan aparat terus berupaya bergerak melakukan sosialisasi disiplin dalam proses tersebut hingga akselerasi percepatan vaksinasi demi pencapaian target kekebalan komunal atau herd immmunity masyarakat.

"Hal ini sesuai harapan Bapak Presiden untuk kita wujudkan agar mengubah pandemi menjadi endemi dan mampu hidup berdampingan serta terbiasa dengan COVID-19, namun protokol kesehatan tetap dijaga dengan baik," katanya lagi.

Serbuan vaksin dan pembagian sembako itu digelar oleh Akpol Angkatan 97 di Gedung Graha Wangsa Telukbetung Selatan, Bandarlampung yang dilakukan serentak di 34 polda jajaran di Tanah Air, juga dilaksanakan di 3 negara yaitu Malaysia, Arab Saudi, dan Turki.

Sedikitnya 2.000 dosis vaksin disediakan untuk warga yang berada di wilayah Bandarlampung serta 1.000 paket bantuan sosial yang didistribusikan secara langsung kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Selain paket bansos, alumni Akpol 97 juga memberikan bantuan vocer kuota internet untuk para pelajar santri dan guru, vocer belanja untuk masyarakat kurang mampu yatim piatu dan penyandang disabilitas.
Baca juga: Kapolri minta jajarannya akomodir antusiasme masyarakat untuk vaksin
Baca juga: Alumni Akpol 91 gencarkan vaksinasi percepat "herd immunity"

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021